Menjadi Guru Sangat Menyenangkan karena Ada Ikatan Erat dengan Siswa

Wahyu Murti SPd

Wahyu Murti SPd
Menjadi seorang guru ternyata ada ikatan erat dengan para siswanya. Bisa sebagai siswa, bisa sebagai teman, bisa juga bisa menjadi saudara, bahkan bisa juga seperti keluaraga. Itulah ungkapan hati Wahyu Murti SPd, salah satu guru di SMA Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo.
“Seringkali, lama tidak ketemu para siswa terasa sangat sepi. Apalagi kondisi belajar yang tidak boleh bertatap muka, terasa sepi, kangen dengan para siswa,” ungkap Wahyu Ustadz Murti yang mengajar Mata Pelajaran (Mapel) Geografi SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo.
Lulusan Georgrafi Unesa 2009 ini mengaku, setelah menyelesaikan kuliah pernah menjadi guru hanya sekitar tiga tahun saja, akhirnya keluar ingin menjadi karyawan dan menjadi pegawai bank. Ternyata setelah dijalani menjadi karyawan tidak cocok, tidak enak kerja diperusahaan, berat, jauh dan pulangnya hingga malam hari. ”Terus tahun 2015, keluar melamar menjadi guru di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo ini, dan diterima hingga sekarang,” kenangnya, saat ditemui (4/3) kemarin.
Perempuan kelahiran Sidoarjo 1987 ini juga mengaku saat mulai kuliah juga tidak ada pilihan yang pasti, hanya ikut-ikutan, ketika melihat nilainya yang bagus cuma geografi, akhirnya mengambil jurusan geografi, tanpa ada pertimbangan atau dorongan dan arahan dari siapapun.
“Kalau orang tua saya juga tidak ada yang menjadi guru, mereka mempersilahkan saya milih jurusan apa saja dan mereka mendukungnya,” jelas alumni SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo.
Wahyu mengaku, ternyata menjadi guru ini merupakan ikatan batin. Usia kuliah terus jadi guru bisa bertahan hingga tiga tahun, saat keluar dan menjalani pegawai perusahaan ternyata juga tidak cocok, kini akhirnya menjadi guru lagi hingga sekarang.
“Setelah saya jalani di SMAMITA ini, ternyata menjadi guru itu sangat nyaman sekali. Tidak terlalu berat, juga bisa mengambil S2 manajemen pendidikan. Jadi, jodoh saya itu memang menjadi guru. Pekerjaan apapun, saya passionnya menjadi guru. Buktinya sangat senang dan saya menikmati hingga kini,” tandas Wahyu. [ach]

Tags: