Menkum HAM Rencanakan Pindah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya

3-Menteri Hukum dan HAM Dr Yasonna Hamonangan Laoly saat melakukan kunjungan di Kantor Imigrasi (Kani) Klas I Surabaya di Waru, Kamis (27,11). IstSidoarjo, Bhirawa
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yossana H Laoli merencanakan untuk memindah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya yang saat ini berada di Jalan S. Parman Waru, Sidoarjo. Rencana pemindahan itu dilontarkan Menkum HAM saat melakukan sidak  ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, Kamis (27/11).
“Nanti akan saya bahas hal ini di Jakarta. Kami merencanakan pemindahan kantor Imigrasi ini karena lokasinya yang sangat sempit serta kumuh. Padahal seharusnya kantor Imigrasi itu harus yang rapi dan baik. Karena banyak warga asing yang datang ke sini untuk melakukan pengurusan surat-surat mereka,” kata Yossana H Laoli di sela-sela sidak.
Dalam sidak itu, Menkum HAM melihat langsung kondisi setiap ruangan di kantor Imigrasi. Menurutnya, kondisi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya sangat kumuh dan berantakan. Sehingga pemandangan tak sedap dan ruwet. Di kantor Imigrasi tersebut banyak sekali material bangunan yang berserakan.
Bukan itu saja, kondisi tersebut juga diperparah dengan halaman kantor Imigrasi yang sangat sempit, sehingga banyak antrian kendaraan yang mau parkir. Antrian ini sering menjadi biang kemacetan arus lalulintas karena ekor parkiran meluber hingga pinggir jalan raya. “Kondisi bangunan dan parkir memang kurang luas, saat ini kantor cuma bisa menampung 400 orang. Makanya pelayanan tak bisa maksimal. Akan diperluas kantornya supaya bisa menampung 1.500 orang pemohon paspor,” katanya.
Tidak hanya melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Klas 1 Surabaya di Waru, kemarin rombongan menteri juga melakukan kunjungan ke Rumah Tahanan Kelas 1 Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.
“Di Rutan Medaeng ini kondisinya hampir sama, yaitu kurang luasnya wilayah sehingga kurang bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terutama pengunjung yang ingin menjenguk keluarganya,” katanya.
Selain itu, kata dia, ruang pertemuan yang ada di dalam juga kurang luas sehingga tidak bisa menampung penghuni rutan yang ada di dalamnya. “Kondisi di Medaeng ini juga akan dilakukan perluasan. Selain itu, juga akan dilakukan perluasan ruang masing-masing penghuni supaya kondisinya bisa lebih baik,” katanya. [bed, hds]

Keterangan Foto : Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly (tengah) didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Enang Syamsi (kiri) saat melakukan sidak di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya di Sidoarjo, Kamis (27/11). [bed/bhirawa]

Tags: