Menpan Imbau Birokrasi Manfaatkan Media Sosial

Yuddy Chrisnandi. (2)Jakarta, Bhirawa
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengimbau seluruh jajarannya untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dengan publik.
“Mulailah mendekatkan diri dengan masyarakat dan komunikasi secara langsung dengan media sosial, dari sana kita akan mengetahui bagaimana respons masyarakat kepada kita, mulai dari pujian, caci maki, sumpah serapah kita dapatkan,” katanya di Jakarta, Rabu (27/11) kemarin.
Terhadap berbagai respons tersebut, kata Yuddy, harus diambil nilai positifnya, bahwa dalam setiap pekerjaan yang dilakukan birokrasi akan senantiasa mengandung pro dan kontra.
“Akan ada orang yang merasa disenangkan atau juga sebaliknya,” katanya.
Menurut dia, profesionalisme seorang birokrat dapat dilihat jika mampu merespons secara tepat dan akurat terhadap keluhan masyarakat. Karena itu, lanjut dia, aparatur sipil negara (ASN) harus terus menerus meningkatkan kinerja dan pengetahuan, termasuk memanfaatkan teknologi.
“Kita harus akrab dengan perkembangan teknologi terbaru, seperti media sosial. Dengan bersosialisasi melalui media sosial, maka akan membuat kita lebih memahami apa yang dibutuhkan rakyat,” ujarnya.
Yuddy mengatakan, tanpa mengurangi aturan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Kemenpan-RB, pelayanan harus tetap diberikan dengan sebaik-baiknya.
“Jangan ada penyalahgunaan tempat untuk melakukan proses-proses transaksi yang merugikan orang lain dan nama baik institusi,” katanya lagi.
Setiap orang yang datang ke Kantor Kemenpan-RB, kata dia, harus sudah mendapat pelayanan yang baik sejak di garis depan.
“Ingatlah bahwa aparatur negara adalah pelayan rakyat,” katanya.  [ant.ira]

Keterangan Foto : Yuddy Chrisnandi.

Tags: