Mensos Khififah Kunjungi Telecenter Tengger

Mensos-Khofifah-Tinjau-Telecenter-Tengger

Mensos-Khofifah-Tinjau-Telecenter-Tengger

Probolinggo, Bhirawa
Untuk meningkatkan kemampuan pelayanan informasi melalui akses informasi berbasis internet, Menteri Sosial RI Hj. Khofifah Indar Parawansa mengunjungi tempat pelayanan informasi Telecenter Tengger yang difasilitasi Bagian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Setda Kabupaten Probolinggo di Pendopo Agung Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura.
Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setyawan, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Hendi Yustian Danang Suta, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo, sejumlah Kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.
Telecenter Tengger yang telah diresmikan beberapa hari yang lalu ini, oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko merupakan program dari Bagian Kominfo Kabupaten Probolinggo yang dapat mengidentifikasi potensi, kondisi dan kebutuhan masyarakat serta informasi tentang Wisata Bromo. Disamping juga sebagai pengembangan komunitas lokal dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
Menurut Bupati Hj.P.Tantriana Sari, Senin (28/12) bahwa tujuan Telecenter Tengger ini untuk memberdayakan masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer dan mendorong masyarakat meningkatkan perekonomian pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
Bahwa Telecenter Tengger ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat terutama Desa Ngadisari dan dapat memberikan informasi obyek wisata khususnya di wisata Gunung Bromo kepada para wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
“Telecenter Tengger ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi dari internet untuk mendukung pengelolahan usaha dan pemasaran hasil usaha di segala bidang, tentunya dapat mengidentifikasi potensi, kondisi dan kebutuhan masyarakat,” katanya.
Lebih lanjut Tantri mengatakan, Telecenter Tengger merupakan pusat informasi gratis berupa penggunaan internet gratis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Dimana di dalamnya juga ada kegiatan pemberdayaan masyarakat. Misalnya, belajar Bahasa Inggris, digital foto untuk pengurusan KTP dan surat pindah kawin.
Telecenter Tengger bukan hanya sekedar penggunaan internet. Namun, juga bisa memberikan layanan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Misalnya mengirimkan foto-foto saat berada di kawasan Gunung Bromo pada saudaranya, harapnya.
“Setidaknya keberadaan Telecenter Tengger ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang sedang berkunjung ke Gunung Bromo. Sehingga nantinya bisa memberi kesan yang sangat bagus pada wisatawan,” pungkasnya. [wap]

Tags: