Mentan dan Kasad akan Panen Raya di Bojonegoro

Andi Amran SulaimanBojonegoro,Bhirawa
Panen raya di enam desa Kecamatan Kanor Bojonegoro seluas 1.500 hektar di Bojonegoro akan di pimpin langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Kepala Staf Angkatan Darat, hari ini Rabu (21/1).
“Untuk panen raya besok yang di hadiri menteri pertanian dan kepala staf angkatan darat kita siapkan lahan seluas 1.500 Ha tanaman padi untuk di panen raya.” Kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Ahmad Jupari di ruang kerjanya, Selasa (20/1).
Lahan 1.500 Ha tersebut terdrii dari Desa Kedungarum seluas 350 Ha, Desa Temu seluas  275 Ha, Desa Prigi seluas  275 Ha, Desa Pilang Gede seluas  200 Ha, Desa Semambung 75 Ha dan Desa Kedung Primpen seluas 325 Ha. “Kita gunakan wilayah tersebut karena disana tanamannya sudah siap di panen, apalagi disana wilayahnya paling luas . Kalau di pandang seperti hamparan lautan padi,” terangnya.
Ditambahkan, luas areal 1.500 Ha tersebut per Ha nya mampu menghasilkan antara 8 hingga 10 ton setara beras. Sehingga dengan total luas lahan itu di perkirakan bisa menhasilkan sekitar 12.000 ton sampai 15.000 ton setara beras.
“Luas lahan tersebut rata-rata berada di bantaran sungai bengawan solo,” ungkapnya.
Sementara itu, Pangdam Kodam V Brawijaya, Mayjen TNI Eko Wiratmoko bersama Kasdam Brigjen TNI Kustanto Widiyatmoko kemarin melakukan peninjauan lokasi panen raya di Desa Kedungarum, Kecamatan Kanor.
Kedatangan mereka di Desa Kedungarum, Kecamatan Kanor dalam rangka meninjau dan meyakinkan lokasi panen raya di desa setempat yang rencananya akan dihadiri Kasad, Jendral TNI Gatot Nurmantio dan Menteri Pertanian RI, Andi Arman Sulaiman.
“ Kasad dan Menteri Pertanian dijadwalkan melakukan panen raya padi di Desa Kedungarum, Kecamatan Kanor, pada Rabu mendatang,” kata Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Letkol Arhanud Sjahrir Ridjadi di sela-sela menyambut kedatangan Pangdam dan Kasdam di lapangan Desa Simorejo, Kecamatan Kanor.
Ia menerangkan, kedatangan Kasad ke Desa Kedungarum besok hari Rabu selain melakukan panen raya juga dalam rangka memberikan pendampingan kepada para petani. Sebab, sejak beberapa tahun terakhir para anggota TNI mendapat instruksi untuk melakukan pendampingan kepada para petani selain tugas pokok seorang TNI.
“ Pendampingan itu seperti memberitahukan bagaimana cara bertanam yang benar dan lain sebagainya, karena kita sudah belajar tentang pertanian, jadi kita siap sebagai pendamping para petani,” tandasnya. [bas]

Tags: