Menteri Agraria Desak Wali Kota Risma Sertifikatkan Surat Ijo

Surat ijoSurabaya, Bhirawa
Menteri Agraria dan tata Ruang, Fery Mursyidan Baldan , meminta agar Pemkot Surabaya memberikan kemudahan pengurusan sertifikat pada masyarakat penghuni lahan Surat Ijo.
Memang, pPermasalahan Surat Ijo memang menjadi polemik yang belum tuntas hingga saat ini di Surabaya. Masih banyak warga Kota Surabaya yang memiliki tanah dengan status Surat Ijo, serta kesulitan untuk melakukan sertifikasi.
Karena itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Fery Mursyidan Baldan mendesak Wali kota Surabaya Tri Rismaharini untuk menyelesaikan persoalan itu. Caranya dengan memberikan kemudahan terhadap warga Surabaya yang status tanahnya masih Surat Ijo.
Politisi Partai Nasdem itu menyatakan, hal itu sangat mungkin dilakukan. Sebab, pada dasarnya semua tanah milik negara harus digunakan untuk kesejahteraan rakyatnya. “Jangan sampai rakyat kita malah tidak punya tanah, dan kesannya menumpang,”tukasnya didampingi Kepala BPN Kota Surabaya I, Bambang Priono saat melakukan sidak di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Surabaya I, Selasa (18/11)
Ketika ditanya kapan hal itu harus dilakukan oleh Pemkot Surabaya, Fery menjawabnya secara diplomatis. “Ya nanti secepatnya akan kita minta kepada mereka,”janjinya.
Fery menambahkan, pada dasarnya pemerintah menginginkan agar proses sertifikasi tanah yang dilakukan oleh masyarakat lebih mudah. Tujuannya, agar segala aset negara, atau tanah yang ada di Indonesia tidak jatuh pada kepemilikan asing. “Pokoknya jangan dipersulit,”tegasnya.
Ketika ditanya terkait dengan pelayanan di BPN Kota Surabaya? Fery menilai pelayanan yang diberika oleh BPN Kota Surabaya sudah cukup bagus. Salah satu indikasinya adalah tersedianya petugas yang melayani masyarakat di instansi tersebut. “Jadi masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama dalam mengurus surat-surat itu,”ujarnya.
Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Fandi Utomo yang turut dalam sidak itu menyatakan hal senada. Politisi Partai Demokrat itu berpendapat, BPN Kota Surabaya sudah menunjukkan peningkatan kualitas pelayanan. “Ini tadi kami tanyai masyarakat yang sedang ngurus surat, katanya ya petugasnya baik-baik, dan pelayanannya bagus,”urainya. [cty]

Tags: