Minta Pemkot Pertimbangkan Memindah Kantor KPUD Batu ke Sidomulyo

Minta Pemkot Pertimbangkan Memindah Kantor KPUD Batu ke Sidomulyo

Kota Batu,Bhirawa
Di awal berdirinya Kota Batu, KPUD kota ini mendapatkan kantor yang representatif secara keamanan. Karena gedung KPUD yang ada di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo berdampingan dengan Kantor Polsek Junrejo. Namun status representatif tersebut langsung terkikis dengan berdirinya SPBU di dekat Kantor KPUD. Karenanya pemkot berencana memindahkan kantor KPUD ke tempat yang lebih aman.
Rencana pemkot ini ditegaskan langsung oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir H Punjul Santoso MM. Punjul mengatakan bahwa Kantor KPUD memang seharusnya dipindah untuk menghindari potensi-potensi yang tidak diinginkan. Hal ini berkaitan dengan adanya Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) tak jauh dari kantor KPUD.
“Potensi kerawanan bisa muncul ketika terjadi sebuah aksi demonstrasi di KPUD. Dan ketika aksi demo tidak terkendali maka keberadaan SPBU menjadi sangat rawan jadi sasaran aksi,”ujar Punjul, Jumat (2/10).
Ia menjelaskan bahwa untuk memindahkan kantor KPUD akan dipersiapkan bangunan aset Pemkot siap huni yang sudah ada. Salah satunya adalag bangunan bekas kantor Dinas Pendidikan yang berdekatan dengan kantor Bawaslu di Jl. Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo Kota Batu.
Jika kantor KPUD Kota Batu jadi pindah, lanjut Punjul, maka kantor eks KPUD akan dijadikan kantor uji KIR kendaraan. Karena sampai saat ini warga Kota Batu harus pergi ke Kota Malang atau Kabupaten Malang jika hendak uji KIR kendaraannya.
“Selain jauh dan membutuhkan biaya tranportasi, warga Kota Batu jugaharus antri berjam-jam untuk bisa mendapatkan pelayanan uji KIR,” jelas Punjul.
Sementara, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Batu, Marlina SP MSi mengatakan bahwa kantor KPUD Batu saat ini statusnya adalah pinjam pakai dari Pemkot Batu. Namun ia meminta agar pemkot untuk mempertimbangkan lagi jika akan memindahkan kantor KPUD ke Jl.Bukit Berbunga. Karena di area tersebut juga terdapat perkantoran lain, namun akses gerbang masuknya hanya satu. Selain itu di kantor Jl.Bukit Berbunga ini juga jauh dari pusat kota atau pemerintahan.

Komisioner KPUD Batu, Marlina SP MSi
Foto2: Gedung kantor KPUD Batu di Jl.Raya Tlekung yang dinilai pemkot Batu sudah tidak representatif lagi.

“Karena menurut UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu, kita itu untuk sekretariat perkantoran KPU Provinsi Kabupaten atau Kota harus berwilayah di pusat kota, sedangkan kita jauh dr pusat kota karena pusat kota kita di Kecamatan Batu sana,” ujar Marlina.
Sebenarnya, lanjut Marlina, pihaknya sangat berharap untuk bisa mendapatkan hibah lahan dari pemkot. Karena jika itu terjadi maka KPU RI siap membangunkan kantor baru yang permanen dan definitif. Dengan demikian KPUD Batu tidak akan lagi berpindah- pindah kantor karena gedung aset yang digunakan diambil alih pemkot.
Keinginan KPUD ini sempat disampaikan kepada Walikota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko dalam sebuah audensi. Namun walikota saat itu mengatakan bahwa kesulitan untuk menghibahkan tanah Pemkot Batu, apalagi hibah membutuhkan kajian yang cukup mendalam. Dengan jawaban itu maka KPUD tidak menindaklanjuti rencana membangun kantor definitif di atas lahan hibah.(nas)

Tags: