Motif Buah Siwalan Juarai, Desain Batik Khas Lamongan

6-foto A yit-batik6Lamongan, Bhirawa
Untuk memperkuat ikon batik khas Lamongan, Pemkab Lamongan mengadakan lomba desain batik untuk kategori umum dan tingkat pelajar. Pemberian penghargaan bagi pemenang lomba diserahkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lamongan Mahdumah Fadeli seusai Seminar Batik Lamonga, kemarin, di aula sebuah hotel di Kota Lamongan.
Dalam acara yang dihadiri oleh 160 undangan yang terdiri dari SKPD, Camat, Pengrajin dan Pengamat batik serta guru kesenian ini dihadirkan narasumber dari Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta Agus Haerudin. Sekretaris Daerah Yuhronur Efendi yang membuka seminar tersebut sangat mengapresiasi pengrajin batik yang ada di Lamongan.
“Pemkab Lamongan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengrajin batik dan sangat mendukung untuk mengembangkannya. Oleh karena itu acara semacam ini merupakan sarana tepat untuk meningkatkan promosi sehingga kerajinan batik akan terus tumbuh berkembang yang nantinya menjadi sarana ekonomi produktif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, jelasnya.
Yuhronur Efendi juga menyampaikan bahwa meskipun sudah memikat pasar lokal, Namun batik Lamongan masih perlu sentuhan teknologi. Sehingga dapat bersaing di pasar nasional mupun internasional. Dalam seminar tersebut, Ketua Dekranasda Lamongan Mahdumah Fadeli menyerahkan piala kepada para juara lomba desain batik. Lomba yang diikuti oleh 39 pelajar SLTP, 40 pelajar SLTA dan 63 peserta umum telah dinilai di hari sebelumnya.
Untuk juara 1 tingkat SLTP diraih oleh M. Nouval Rizqi Al Fawi dari SMPN 1 Lamongan dengan judul karya Siwalan, Juara 2 Dhika Erlanda dari SMPN 3 Lamongan dengan judul Bandeng Lele Semerbak Melati, dan Juara 3 Rizka Sandra Amelia dari SMPN 1 Lamongan dengan judul Pesona Pantura.
Selanjutanya Juara 1 Tingkat SLTA yakni Helvy Indah Cahyani dari SMAN 1 Paciran dengan judul Happy Lamongan Batik, Juara 2 oleh Desy Susanti dari SMAN 1 Paciran dengan judul Raja Bahari, dan Juara 3 Fackhrudin Isnaeni dari SMKN 1 Kalitengah dengan judul Indahnya Hasil Laut.
Untuk kategori umum Terbaik 1 oleh Tety Indahing Warna dari Sendang Agung Kecamatan Paciran dengan judul Ikan Panca Warna, Terbaik 2 Hj. Rohayatin dari Sendang Duwur Kecamatan Paciran dengan judul Sing Mengkok Lontar Ucul, dan Terbaik 3 oleh Murti dari Sendang Duwur Kecamatan Paciran dengan judul Melati Putih. Nouval Rizqi Al Fawi,  Juara 1 tingkat SLTP, mengaku mengambil ide dari buah siwalan karena desain batik Lamongan selama ini paling banyak menggunakan ikon bandeng lele.
“Saya ingin sesuatu yang berbeda untuk motif batik yang saya desain, namun masih bercirikhaskan Lamongan, ” ujarnya. Buah Siwalan yang juga dikenal dengan Buah Ental ini banyak tumbuh di pantura Lamongan. Teksturnya yang kenyal biasanya digunakan sebagai isian es.
Sedangkan Helvy Indah Cahyani, Juara 1 Tingkat SLTA, mengaku terinspirasi dari Tari Boran khas Lamongan. “Tari Boran telah menjadi cirri khas Lamongan yang dikenal hingga tingkat nasional. Sehingga menurut saya layak dijadikan motif desain batik tulis, ” katan Helvy member penjelasan. [yit]

Keterangan Foto : Ketua Dekranasda Lamongan Mahdumah Fadeli meninjau salah satu desain batik tulis. [suprayitno/bhirawa]

Tags: