MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2023

Guru-guru berprestasi di MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang menerima penghargaan pada momen peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023, Sabtu (25/11).

Jombang, Bhirawa
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang menggelar beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 25 November 2023. Beberapa kegiatan diikuti oleh para pelajar maupun guru untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 yakni, Qotmil Al Qur’an bersama, pengajian Kitab Adab Al-Alim wal Muta’allim karya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari, hingga penyerahan apresiasi kepada para guru.

Kegiatan Qotmil Al Qur’an diikuti oleh para pelajar di halaman sekolah setempat. Kemudian, pengajian Kitab Adab Al-Alim wal Muta’allim dilaksanakan di GOR sekolah yang diikuti seluruh pelajar dengan dipimipin oleh seorang ustadz. Kitab ini berisi tentang adab atau tata krama pelajar/santri kepada gurunya dalam menimba ilmu. Diharapkan, para pelajar/santri bisa memahami isi kitab, sehingga bisa diterapkan dalam keseharian, dan ilmu yang didapatkan dari guru bisa menjadi ilmu yang manfaat.

Kepala Sekolah MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang, H. Fuad Taufiq M. Pd mengatakan, rangkaian peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 ini diisi dengan mendoakan para guru-guru, kemudian juga Qotmil Al Qur’an bersama yang diikuti para pelajar.

“Satu kelas satu Khataman. Tambah satu lagi, majelis yang dibaca oleh anak kita, peserta didik kita, satu (pelajar) 30 juz dengan sendirian. Berarti hari ini ada 21 Qotmil Qur’an. Kita doakan khusus untuk para guru,” kata Fuad Taufiq.

Setelah kegiatan Qotmil Al Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan mengaji Kitab Adab Al-Alim wal Muta’allim dan kemudian dilanjutkan kegiatan anugerah kepada para guru berprestasi.

“Jadi ada beberapa yang kemarin hasil polling dari siswa dan musyawarah internal kita, pertama guru teladan. Kemudian yang kedua, guru kreatif inovatif, kemudian guru ramah anak dan lingkungan, dan guru yang disiplin,” beber Fuad Taufiq.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang, KH Abdul Hadi Yusuf SH didampingi Kepala Sekolah MTs Madrasatul Qur’an, H. Fuad Taufiq M. Pd.

“Nanti semuanya kita kasih sedikit penghargaan. Mudah-mudahan nanti bisa maju, semangat semuanya untuk para guru dan menjadikan peserta didik yang betul-betul merdeka dan yang terbaik untuk menerima segala macam ilmu yang diberikan oleh guru,” paparnya. [rif.adv]

Tags: