MTsN 3 Tambak Beras Jombang Miliki Aplikasi Kantin Sehat Milenial

Siswa MTsN 3 Tambak Beras, Jombang tengah memesan makanan melalui Aplikasi Kantin Sehat Milenial, Rabu (26/1). [arif yulianto]

Jombang, Bhirawa
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Tambak Beras, Jombang kini memiliki aplikasi berbasis Telepon Seluler (Ponsel) untuk memudahkan para siswa memesan makanan dan menghindari terjadinya kerumunan pada masa pandemi Covid 19 seperti saat ini. Aplikasi ini dinamakan dengan Aplikasi Kantin Sehat Milenial.
Untuk menggunakannya, aplikasi ini harus tersambung dengan sambungan internet. Para siswa juga harus memiliki kartu berbarcode dengan saldo di dalamnya. Dengan aplikasi ini, para siswa bisa memesan melalui Tablet Ponsel yang telah terpasang di depan kelas mereka. Untuk sementara ini, setiap kelas di MTsN 3 Tambak Beras, Jombang, terdapat satu buah Tablet Ponsel untuk pemesanan makanan melalui Aplikasi Kantin Sehat Milenial.
Setelah memesan dengan mengisi kolom pesan makanan tertentu di aplikasi ini, siswa kemudian mensekrining barcode di kartunya pada layar skrinning untuk pembayaran makanan yang akan diantar ke kelas pada esok harinya.
Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, KH Wahfiyul Ahdi atau Gus Wafi mengungkapkan, di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang secara umum, maupun di MTsN 3 Tambak Beras, Jombang, selama masa pandemi Covid 19, tetap mempertimbangkan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid 19.
“Untuk keselamatan para siswa, termasuk akhirnya kami membikin aplikasi terkait kegiatan jajannya para siswa di madrasah. Bagaimana mereka bisa belajar dengan nyaman dan bisa istirahat itu masih bisa jajan, nama para siswa,” ungkap Gus Wafi, Rabu (26/1).
Gus Wafi menjelaskan, dengan dibuatnya Aplikasi Kantin Sehat Milenial yang melalui aplikasi itu, mereka nggak perlu datang ke kantin, tetapi melalui aplikasi mereka bisa pesan, makanan yang diinginkan yang tersedia di kantin itu, kemudian dari pihak kantin yang mengirim ke mereka.
Ke depan oleh pihak sekolah setempat, Tab Ponsel berisi Aplikasi Kantin Sehat Milenial ini akan dipasang satu persatu di depan masing-masing kelas.
Salah seorang siswa kelas VIII MTsN 3 Tambak Beras, Jombang, Sheva Ma’astra Maulana Ahmad menuturkan, dirinya sangat terbantu dan dimudahkan dengan adanya aplikasi pemesanan makanan dan minuman.
“Kami dimudahkan, tidak usah keluar membeli makanan. Tinggal memesan di sini, makanan di antar. Harganya murah – murah,” tandasnya. [rif.fen]

Tags: