Muhammad Zaidan, Siswa MTs Negeri 1 Probolinggo

Muhammad Zaidan terima piagam dari Kemenag Akhmad Sruji Bahtiar. [wiwit agus pribadi]

Raih Prestasi di Kontes Matematika Internasional
Probolinggo, Bhirawa
Di tengah pandemi COVID-19, prestasi membanggakan ditorehkan pelajar asal Kabupaten Probolinggo. Muhammad Zaidan Naja, berhasil meraih prestasi di ajang ‘International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2020′. Hal ini diungkapkan Kepala MTs Negeri 1 Probolinggo, Muhammad As’adi, Kamis (23/7).
Pelajar kelas IX di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Probolinggo itu mendapatkan juara III. Namun, ia bersaing dengan sejumlah negara seperti Albania, Belgia, Canada, Denmark, Jerman, Indonesia, Belanda, Turki, Korea Selatan dan Perancis.
IKMC merupakan kompetisi matematika internasional sejak tahun 1991, yang digelar Association Kangourou Sans Frontières. Tahun ini, diselenggarakan Klinik Pendidikan MIPA.
Turnamen IKMC sendiri terdiri beberapa level diantaranya, kelas 1 dan 2: PreEcolier, kelas 3 dan 4: Ecolier, kelas 5 dan 6: Benjamin, kelas 7 dan 8: Cadet, kelas 9 dan 10: Junior, serta kelas 11 dan 12: Student, ujarnya.
Atas prestasi membanggakannya, pelajar usia 15 tahun ini mendapat apresiasi Kemenag Kabupaten Probolinggo. Ia didampingi Kepala MTs Negeri 1 Probolinggo, Muhammad As’adi.
Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Akhmad Sruji Bahtiar, memberikan piagam penghargaan kepada Zaidan yang disaksikan para pejabat Kemenag setempat. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berhasil, mengantarkan anak didik kita meraih prestasi di ajang internasional,” ujar Bahtiar.
Lanjutnya, Raihan prestasi Zaidan bisa membangkitkan semangat teman-temannya serta seluruh siswa-siswi madrasah. Bahwa jika belajar dengan sungguh-sungguh maka akan melahirkan prestasi yang gemilang.
Zaidan mengaku, apa yang ia peroleh adalah hasil dari ketekunan dalam belajar dan motivasi dari madrasah. Serta dukungan Kemenag Kabupaten Probolinggo yang membuka lebar peluang berkompetisi. “Alhamdulillah, apa yang saya raih karena motivasi MTsN 1 Probolinggo dan dukungan semua pihak, termasuk Kemenag Kabupaten Probolinggo ,” ungkap Zaidan.
Zaidan dihadirkan ke kantor Kemenag dengan didampingi Kepala MTs Negeri 1 Probolinggo, Muhammad As’adi. Menurut Bahtiar, Raihan prestasi Zaidan akan membangkitkan semangat teman-temannya serta seluruh siswa-siswi madrasah, bahwa jika belajar dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan melahirkan prestasi yang gemilang.
International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2020, merupakan kompetisi matematika internasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991, oleh Association Kangourou Sans Frontières. Pada tahun 2020, Klinik Pendidikan MIPA telah dipercaya sebagai penyelenggara tunggal IKMC tahun 2020 di Indonesia.
Terdapat puluhan negara dari berbagai benua yang menjadi peserta. Diantaranya Albania, Belgia, Canada, Denmark, Jerman, Indonesia, Belanda, Turki, Korea Selatan dan Perancis.
Sementara untuk level IKMC diantaranya, kelas 1 dan 2 : PreEcolier, kelas 3 dan 4 : Ecolier, kelas 5 dan 6 : Benjamin, kelas 7 dan 8 : Cadet, kelas 9 dan 10 : Junior, serta kelas 11 dan 12 : Student, ungkapnya.
Prestasi yang Zaidan raih dikatakannya hasil dari ketekunan dalam belajar dan motivasi dari madrasah serta dukungan Kemenag Kabupaten Probolinggo yang membuka lebar peluang berkompetisi. “Apa yang saya raih karena motivasi MTsN 1 Probolinggo dan dukungan semua pihak, terutama Kemenag,” ujar Zaidan.
Kedepan, Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, agar siswa madrasah juga bisa ikut berkompetisi di ajang Sains yang diselenggarakan Dikbud. Wap
Lebih lanjut Muhammad As’adi menuturkan, sehubung dengan Pandemi Covid-19 yang belum mereda sejak Maret lalu. Pembelajaran MTsN 1 Probolinggo dialihkan ke E-Learning (Pembelajaran Online).
Bagi semua siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo wajib mengikuti E-Learning. Mungkin sebagian belum tahu, langsung saja kunjungi https://elearningmatsapro.xyz Selain itu pula MTsN 1 Probolinggo bekerja sama dengan pihak PMI Kab. Probolinggo untuk kegiatan penyemprotan disinfektan Covid-19 di areal Madrasah.
Mari kita berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu, dan semoga kita dilindungi oleh Allah sehingga bisa selalu sehat lahir batin, Aamiin..
Dikatakannya pula Alhamdulillah para siswi Kampus 2 MTsN 1 Probolinggo sukses meraih banyak juara pada ajang Pekan Lomba HARLAH NURUL JADID ke-71 Tahun 2020. Berikut daftarnya: Juara 3 lomba MC bhs Indonesia-Kholifatur Rosyidah, Juara 3 Komba MC bhs Inggris- Zariera Qanya, Juara 1 Ranking Satu- Maulidatul Hasanah, Juara 2 Lomba Mengkafani Jenazah – Dewi wardatul Jannah DKK, Juara 3 Bercerita- Alvi Farah Az-Zahrah.
Selanjutnya Juara 3 MFQ-Lailatus Sa’adah, Juara 2 kaligrafi Kolase- Sayarifah Fathimatuz Zahro’, Juara 2 Kaligrafi lukis – Early Anastasia syam, Juara2 Pidato bhs Indonesia – Athi’ullah Anjani, Juara 1 pidato bhs Indonesia – Jihan Atika Rahmah, Juara 3 taplak meja LOGO NJ- OSIS / MPK, Jaura 1 Lomba senam – Putri Imania DKK, Juara 1 Muhafadhoh Aqidatul Awam-Aida Shofiani, Juara 3 MSQ- Jihan Atika R DKK, Juara 2 MSQ – Athi’ullah Anjani DKK, Juara 1 Sketsa Pengasuh- Nawal amany Faizah dan Yani arifah Maulidah, tambahnya. [wap]

Tags: