Museum Mpu Tantular Diserbu Pelajar Sidoarjo dan Surabaya

Secara bergantian, 21 bus mendatangi Museum Mpu Tantular Jatim, kemarin. [alikus]

Sidoarjo, Bhirawa
Kunjungan tamu yang datang ke Museum Mpu Tantular Provinsi Jatim, Rabu (29/1) kemarin, merupakan puncaknya kunjungan tamu pada Bulan Januari 2020.
Kepala UPT Museum Mpu Tantular Prov Jatim, Edi Irianto mengatakan, kunjungan tamu terus mengalir mulai pagi sampai sore hari. ”Ada tujuh lembaga sekolah yang datang. Kalau ditotal, bus yang datang ada sampai 21 bus,” ujar Edi, Kamis (30/1) kemarin.
Tujuh rombongan tamu itu, mulai dari SMP sampai SMA. Di Kab Sidoarjo ada empat, sedangkan dari Surabaya ada tiga rombongan. Kedatangan tamu dari kalangan pelajar itu karena ada kaitan dengan kurikulum mata pelajaran dari para pelajar.
“Ini menjadi tantangan bai kami. Bagaimana agar tamu yang datang bukan karena tugas. Tapi yang baik karena kebutuhan, agar bisa tahu benda -benda sejarah warisan budaya nenek moyang,” komentar Edi.
Maka, kata Edi, promosi tentang museum harus digencarkan. Tidak hanya pada lembaga formal tapi juga non formal. Upaya seperti itu sebenarnya sudah tiap tahun dilakukan. Kini jumlah pegawai di Museum Mpu Tantular Prov Jatim itu sebanyak 41 orang. Terdiri dari 29 ASN dan 12 non ASN. Mereka ada yang bertugas di bagian TU juga ada sebagai petugas guide di museum. Namun saat banyak pengunjung, petugas museum harus kesana kemari, dan harus bisa mengoptimalkan diri.
Edi juga menjelaskan, saat peluncuran dua unit bus untuk kegiatan pembelajaran luar kelas atau outdoor learning, yang akan dilaunching oleh Pemkab Sidoarjo, Jumat (31/1) hari ini, Museum Mpu Tantular termasuk salah satu obyek tujuan yang akan didatangi. [kus]

Tags: