Musim Hujan Jelang Nataru, Harga Sayuran di Kabupaten Jombang Naik

Sejumlah komoditi sayuran di lapak milik Hariyanto di Pasar Pon, Kota Jombang, Selasa (15/12). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Harga sejumlah jenis sayuran pada musim hujan menjelang Natal 2020 dan tahun baru 2021 di Pasar Pon, Kota Jombang mengalami kenaikan. Sayuran seperti Wortel, naik dari 5 Ribu Rupiah per Kilogram menjadi 8 Ribu Rupiah. Kubis yang biasanya seharga 6 Ribu Rupiah per Kilogram, sekarang naik menjadi 10 Ribu Rupiah. Hal itu seperti tampak di lapak sayuran milik Hariyanto (50) yang berada di Pasar Pon, Kota Jombang, Selasa siang (15/12).

Selain Wortel dan Kubis, Cabe besar juga mengalami kenaikan harga, dari biasanya seharga 40 Ribu Rupiah menjadi 55 Ribu Rupiah per Kilogram. Selain itu, Tomat juga naik menjadi 11 Ribu Rupiah dari harga biasanya sebesar 8 Ribu Rupiah per Kilogram.

Sementara harga Cabe Rawit juga naik dari 25 Ribu Rupiah per Kilogram menjadi 40 Ribu Rupiah per Kilogram. “Kentang juga rata-rata naik 1.500 sampai 2.000 Rupiah. Yang besar sekarang 13 Ribu, bisanya 11 Ribu sampai 12 Ribu (per Kilogram),” ujar Hariyanto.

Hariyanto memperkirakan, kenaikan harga sejumlah komoditi sayuran ini dipicu oleh hujan yang turun terus menerus akhir-akhir ini. “Ini naiknya kurang lebih 5 hari sampai 1 minggu yang lalu. Bertahap terus,” kata dia.[rif]

Tags: