Musim Penghujan, PLN Imbau Tingkatkan Kewaspadaan dan Keselamatan Ketenagalistrikan

Petugas PLN yang tak pernah kenal lelah.

Surabaya, Bhirawa.
PT PLN (Persero) giatkan edukasi dan himbauan kepada masyarakat untuk tingkatkan kewaspadaan dan keselamatan ketenagalistrikan khususnya saat musim penghujan tiba. Manager PLN UP3 Surabaya Utara, Hamzah menyampaikan agar masyarakat senantiasa menjaga jarak aman terhadap jaringan listrik baik Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Jaringan Tegangan Menengah (JTM), gardu distribusi, tiang listrik dan lainnya.

“Kami memohon partisipasi aktif dari seluruh masyarakat apabila terdapat kabel PLN yang menjuntai dan dapat membahayakan agar segera dilaporkan. Terlebih saat musim hujan, yang berpotensi banjir dan ada genangan, sangat kami anjurkan untuk tidak mendekati gardu distribusi, tiang listrik dan kabel-kabel milik PLN,” papar Hamzah.

Sepanjang tahun, PLN UP3 Surabaya Utara terus menggiatkan edukasi kepada anak sekolah, masyarakat umum baik secara edukasi langsung maupun melalui pamflet dan media sosial.

Sebelumnya, beredar informasi anak yang sedang bermain dan mencari ikan di sungai ketika hujan menyentuh kabel SR milik PLN dan tersengat listrik pada (19/01) pukul 13:04 WIB di Jembatan Pos Penjagaan TNI AL Swedi.

Hamzah menyampaikan permohonan maaf dan duka yang mendalam atas peristiwa ini. Kedepannya, PLN akan terus menggiatkan edukasi keselamatan ketenagalistrikan dan aktif berkoordinasi dengan tokoh masyarakat serta aparat yang berwenang untuk turut terlibat dalam edukasi ini.

“Sekali lagi kami mohon kerjasama dan partisipasinya kepada masyarakat untuk melaporkan potensi bahaya kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center PLN 123,” pungkas Hamzah.(ma.hel)

Tags: