Musrenbang Gresik Prioritaskan Pembangunan Bottom Up

Peserta saat mengikuti Musrenbang yang dibuka Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim. [kerin ikanto/bhirawa]

Peserta saat mengikuti Musrenbang yang dibuka Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Wakil Bupati (Wabup) Gresik, Mohammad Qosim berharap agar program pembangunan yang bersifat bottom up harus lebih tinggi dari top down. Harapan Wabup ini disampaikan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang) Kab Gresik yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja, Rabu (26/3) kemarin.
Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini dihadiri seluruh unsur perwakilan yang ada di masyarakat. Sebanyak 400 orang anggota kelompok masyarakat ini, bersama unsur pemerintah akan membahas Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kab Gresik Tahun 2015.
Wabup berharap, agar para perwakilan masyarakat menghilangkan kegiatan bersifat formalitas. Rencanakan pembangunan hal yang penting dan sangat diinginkan masyarakat. Agar nantinya menghasilkan pembangunan yang dibutuhkan untuk kesehateraan masyarakat. ”Kami disini agar rencana dan hasil pembangunan sesuai target yang tercantum dalam visi misi Kab Gresik tahun 2011 – 2015,” tehgas wabup.
Mengingat keterbatasan dana pemerintah, Wabup berharap adanya sharing anggaran dengan pihak pemerintah pusat maupun propinsi. Sharing anggaran juga dibutuhkan dengan pemerintahan desa. Tak hanya itu, lanjut Wabup, kepada perwakilan dari perusahaan dan dunia usaha, agar ada peningkatan kerjasama lebih intens antara pemerintah dengan swasta. Kerjasama ini terutama melalui program Corporate Sosial Responbility (CSR).
Sejumlah  permasalahan yang diinventarisir Wabup butuh penanganan segera yaitu, peningkatan SDM melalui pendidikan dan kesehatan, pengentasan kemiskinan, perluasan lapangan kerja, peningkatan insfratruktur untuk pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan, revitalisasi pengembangan agrobisnis/agrowisata, peningkatan kualitas layanan public, penanggulangan bencana alam dan pelestarian lingkungan hidup.
Para peserta Musrenbang yaitu, Muspida Gresik dan seluruh Kepala SKPD, LSM, Perguruan tinggi, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, pondok pesantren, perbankan, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta. [eri]

Tags: