Musrenbang Kecamatan Batu Harus Mampu Optimalkan Pemanfaatan DD

Suasana pembukaan Musrenbang Kecamatan Batu yang dibuka Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko di hall Kartika Wijaya kota setempat, Selasa (23/2)

Kota Batu,Bhirawa
Pemerintah Desa dituntut untuk mampu mengoptimalkan pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan kegiatan padat karya. Hal ini ditegaskan Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Batu di hall Kartika Wijaya Kota Batu, Selasa (23/2).

Dewanti mengatakan, dalam memanfaatkan DD setiap pemerintah desa harus memilki program pengembangan potensi desa. Adapun pengembangan ini harus berupa kegiatan padat karya yang bisa melibatkan banyak orang.

“Dengan kegiatan padat karya ini maka uang dari Dana Desa ini bisa tersebar dan dimanfaatkan banyak warga. Karena pada kondisi saat ini sektor swasta masih dalam kondisi sulit,”ujar Dewanti, Selasa (23/2).

Selain itu, wali kota meminta agar pembangunan fisik di tengah masa Pandemi Covid-19 tidak menjadi prioritas. Proyek pembangunan fisik boleh saja tetap dilaksanakan namun harus memiliki kriteria yang betul-betul penting.

“Karena di masa Pandemi seperti sekarang ini perbaikan kesehatan dan perekonomian yang harus diprioritaskan. Saya minta pembangunan fisik yang dilaksanakan adalah yang benar- benar penting,”tegas wali kota.

Ia mencontohkan pembangunan fisik yang penting, seperti pembangunan saluran drainase. Karena jika tidak dilaksanakan justru bisa mengakibatkan musibah banjir.

Namun, tidak demikian dengan pembangunan Balai RW. Wali kota meminta, meskipun sudah diprogramkan pembangunan balai RW sebaiknya tidak dilakukan, “Karena rapat RW kan bisa dilaksanakan di ruang warga atau Kelurahan,” tandas Dewanti.(nas)

Tags: