Nailul Muna, Siswa SDI Al-Abror Peraih Prestasi Terbaik

Kasek SDI Al Abror Situbondo Fita Ariyani MPd, saat mendampingi Nailul Muna, siswa kelas 5-A saat meraih juara 1 siswa berprestasi. [sawawi]

Rajin Belajar Otodidak, Sabet Juara se-Kecamatan Kota Situbondo
Kabupaten Situbondo, Bhirawa
Sebagai salah satu sekolah dasar swasta di Kabupaten Situbondo, keberadaan Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Abror sudah sangat dikenal masyarakat Kota Santri sebagai gudangnya siswa berprestasi. Berbekal status tersebut, tidak sedikit anak para pejabat dan para ASN yang menitipkan anak-anaknya untuk menimba ilmu di SDI Al-Abror. Apalagi lokasi SDI Al-Abror sangat strategis karena berada di dekat alun-alun kota serta berdampingan dengan Masjid Agung Situbondo.
Satu diantara ratusan siswa yang belajar di SDI Al-Abror adalah Nailul Muna. Anak pasangan Abdul Hakim dan Wiwin Murawi ini tercatat sebagai salah satu siswa berprestasi, setelah ilmunya diasah oleh kepala sekolah (Kasek) Fita Ariyani MPd bersama guru guru SDI Al-Abror Situbondo.
Nailul Muna selain dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi juga selalu rajin belajar tanpa mengikuti bimbingan alias belajar secara otodidak. “Saya sejak masuk di SDI Al-Abror tidak pernah mengikuti les privat. Saya cukup belajar sendiri dirumah,” aku Nailul Muna yang kini duduk dikelas 5-A itu.
Masih kata Nailul Muna, sejak kelas 1 hingga kelas 5, ia sangat bersyukur karena selalu berhasil menjadi siswa terbaik. Terutama, kata Muna, dalam penguasaan ilmu mata pelajaran (mapel) matematika dan IPA, ia selalu menjadi yang pertama dibanding teman seangkatannya.
Capaian prestasi itu diraih, ujar Muna, berkat rajin belajar di rumah serta pengarahan dari guru gurunya di SDI Al-Abror. “Saya kalau belajar waktunya pasti selalu diatas satu jam. Itu saya lakukan agar semua materi bisa dikuasai,” ujar Nailul Muna.
Kepala SDI Al-Abror, Fita Ariyani MPd, menegaskan, dirinya sangat bangga dengan capaian prestasi yang berhasil diukir oleh salah satu anak didiknya bernama Nailul Muna dalam berbagai event lomba di Kabupaten Situbondo. Dimata Fita Ariyani, sosok Nailul Muna, dikenal sebagai siswa yang pendiam tetapi memiliki kercerdasan yang bagus. “Jadi menurut saya Nailul Muna sudah cocok menjadi siswa di SDI Al-Abror Situbondo,” ucap Fita Ariyani.
Masih kata Fita, sejumlah anak didiknya, termasuk Nailul Muna, selalu rajin mengikuti lomba setiap ada event, baik level Kecamatan maupun tingkat Kabupaten atau bahkan lomba tingkat Provinsi Jatim. Fita juga bersyukur, karena siswa SDI Al-Abror selalu meraih juara disaat aktif mengikuti seleksi loma akademik maupun lomba non akademik.
“Yang terbaru, Nailul Muna, anak didik binaan guru Eko Lukman Fajar ini berhasil memborong penghargaan bergengsi dalam event di Situbondo. Dia berhasil meraih juara siswa berprestasi ditingkat Kecamatan Kota Situbondo,” kupas Fita Ariyani.
Fita Ariyani MPd kembali menuturkan, anak didiknya yang bernama Nailul Muna jselain mampu berhasil memborong juara dalam lomba siswa berprestasi yang diadakan Kecamatan Kota Situbondo juga sering meraih event event yang lain. Tak hanya itu, sebut Fita Ariyani, ananda Lailul Muna, kelas 5-A juga dikenal sebagai siswa berbakat dibidang MIPA.
“Siswa yang bernama Lailul Muna ini memang memiliki kecerdasan sejak pertama kali masuk di SDI Al-Abror. Dia memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding teman sekelasnya,” aku Fita Ariyani.
Wanita yang juga pengurus struktural PGRI Kabupaten Situbondo itu menambahkan, Lailul Muna tidak pernah mengikuti sistem belajar tertentu atau mengikuti bimbingan belajar, melainkan murni dari hasil belajar sendiri. Hari hari Lailul Muna setelah pulang sekolah, papar Fita Ariyani, banyak dihabiskan untuk kegiatan belajar dan membaca buku di rumahnya. “Dia (Lailatul Muna, red) memang dikenal sangat rajin dalam belajar di rumahnya. Makanya saat diikutkan lomba selalu meraih juara,” ujar Fita Ariyani.
Mantan Pengawas di UPTD Pendidikan Kecamatan Mangaran Situbondo itu menuturkan, dua siswa lainnya yang bernama Azhar Daffa Al Ghifari dan Nasya Salsabila Amsyari juga memiliki tingkat kecerdasan yang setara dengan Lailul Muna. Dua siswa terbaik di SDI Al-Abror itu mampu meraih juara II dan juara III dalam seleksi lomba olimpiade IPA yang diadakan SMPN 1 Situbondo.
“Capaian penghargaan ini menjadi modal utama kami untuk terus mengukir prestasi membanggakan bagi keluarga besar SDI Al-Abror Situbondo. Kedepan kami terus bertekat meraih penghargaan lain yang kebih bergengsi,” pungkas Fita Ariyani.
Guru pendamping Nailul Muna, Eko Lukman Fajar mengakui, sosok Nailul Muna memang memiliki tingkat penguasaan ilmu yang sangat cepat jika dibandingkan dengan teman teman sekelasnya. Selain itu, ujar Eko Lukman Fajar, keberadaan Nailul Muna selalu menjadi magnet bagi teman teman di SDI Al-Abror, setiap mengikuti lomba maupun olimpiade MIPA di Situbondo.
“Dalam catatan saya, Nailul Muna ini sangat cerdas, terbukti dalam lomba tingkat Kecamatan Kota Situbondo, Nailul Muna menjadi siswa terbaik. Dia meraih juara satu,” pungkasnya. [sawawi]

Tags: