Nama KH Nawawi Maksum Masuk dalam Calon Ketua PCNU Bodowoso

Pengasuh Pondok Pesantren Nurut Taqwa KH Nawawi Maksum masuk dalam calon Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Bondowoso. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Nama Pengasuh Pondok Pesantren Nurut Taqwa Desa Grujugan Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso yakni KH Nawawi Maksum saat ini jadi perbincangan. Hal itu menyusul setelah namanya tercantum dalam sebuah polling tentang calon ketua PCNU Bondowoso.

Sementara terkait pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Bondowoso, masih menunggu persetujuan Satgas Covid-19. Namun nama-nama calon sudah muncul ke permukaan.

Termasuk pula nama KH Nawawi Maksum seorang ulama muda ini masuk dalam bursa calon ketua tanfidziah PCNU Kabupaten Bondowoso. Namun memang, polling tersebut tidak resmi dari sebuah lembaga survei atau media.

Akan tetapi, polling tersebut sudah tersebar luas di media chatting WhatsApp dan menjadi perbincangan luas masyarakat Kota Tape ini. Yang mana ada enam nama tercantum.

Yakni diantaranya Ketua PCNU Bondowoso saat ini, KH Abd Qodir Syam; Pengasuh Ponpes Nurut Taqwa KH Nawawi Maksum; KH Dr Masud; Dr Syaeful Bahar; Mas Hasyim dan Dr Saihan.

Dimana per tanggal 16 Maret 2021, sudah ada 2.220 partisipan. Dimana sebanyak 1.082 suara memilih KH Nawawi atau 48,7 persen. Sementara di posisi kedua ada KH Abd Qodir Syam, dengan perolehan 514 suara atau 23,2 persen. Disusul Dr Masud dan seterusnya.

Akan hal tersebut, saat dikonfirmasi Pengasuh Ponpes Nurut Taqwa KH Nawawi Maksum mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui dari mana polling tersebut berasal.

“Yang penting bukan dari kami pollingnya,” ungkap Kiai Nawawi saat dikonfirmasi, Selasa (16/3).

Kiai Nawawi yang juga Wakil Ketua Kordinator Samawi (Satuan Muda Ulama Jokowi) Jawa Timur ini, mengaku jika ia tahu polling tersebut dari media chatting WhatsApp. “Tiba-tiba sudah ada di grup WA,” urainya.

Sedangkan terkait hasil polling yang menunjukkan banyak pasrtisipan memilihnya. Menurutnya, hal tersebut adalah hak masyarakat.

“Itu kan cuma di polling. Alhamdulillah kalau masyarakat masih ada yang percaya saya,” imbuh Pengasuh Pondok Pesantren Nurut Taqwa Cermee tersebut.

Sementara ketika ditanya apakah Kiai Nawawi siap maju di pencalonan Ketua PCNU Bondowoso. Pihaknya tak memberikan komentar lebih jauh. “Lihat saja nanti,” ungkapnya singkat. [san]

Tags: