Nasdem, PAN dan PBB Tanpa Kursi

6-FOTO OPEN dar-kpu penentuan calegKab Madiun, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun, menetapkan nama-nama Caleg terpilih dalam Rapat Pleno Penetapan Perolehan Suara dan Kursi Partai Politik serta Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Madiun Pemilu 2014, di gedung pertemuan PG. Pagotan, Senin (12/5).
Dari hasil yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Madiun, kursi terbanyak diraih oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan memperoleh sebanyak 13 kursi di DPRD. Disusul PDI Perjuangan dengan 8 kursi, Demokrat 6 kursi, Golkar 5 kursi, Gerinda 4 kursi dan PKS 3 kursi.
Disusul PPP dengan dua kursi, Hanura dua kursi dan PKPI dua kursi. Sedangkan nasib ‘tragis’ dialami partai Nasdem, PAN dan PBB. Pasalnya, dari 12 Parpol peserta Pemilu, tiga partai tersebut tidak mendapatkan satu kursi pun di DPRD Kabupaten Madiun.
Sementara itu, perolehan suara terbanyak, diraih oleh Caleg dari PKB yang juga incumbent, Joko Setijono dengan memperoleh suara sebanyak 7.621 suara. Sedangkan Caleg jadi dengan perolehan suara paling sedikit, yakni Slamet, yang merupakan kader dari Partai Demokrat, dengan perolehan sebanyak 951 suara. Untuk diketahui, Joko Setijono saat ini,  menjabat sebagai wakil ketua DPRD. Sedangkan Slamet, menjabat sebagai ketua Komisi A.
Ketua KPU Kabupaten Madiun, Anwar Soleh Azarkoni, mengatakan, sesuai tahapan Pemilu, para Caleg yang telah ditetapkan oleh KPU, akan dilantik pada bulan Agustus mendatang. “Kita tunggu ada gugatan tidak. Tapi ada atau tidak ada gugatan, mereka akan dilantik pada bulan Agustus nanti. Cuma kalau tanggalnya belum pasti,” kata¬† Ketua KPU Kabupaten Madiun, Anwar Soleh Azarkoni, kepada wartawan, usai penetapan.
Terpisah, Ketua DPC PKB Kabupaten Madiun, Muhtarom, mengaku sangat puas atas kinerja mesin partainya. Meski sebenarnya, PKB Kabupaten Madiun menargetkan 15 kursi pada Pemilu 2014 ini. “Kita sangat puas dengan perolehan kursi ini. Memang sebelumnya kita menargetkan 15 kursi. Tapi yang jelas, PKB kan menang di Kabupaten Madiun. Itu artinya kader-kader kita sudah bekerja secara maksimal,” papar Ketua DPC PKB Kabupaten Madiun, Muhtarom, yang juga Bupati Madiun, kepada wartawan, Senin (12/5). [dar]

Keterangan foto : Suasana KPU kabupaten Madiun menetapkan nama-nama Caleg terpilih dalam Rapat Pleno Penetapan Perolehan Suara dan Kursi Partai Politik serta Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Madiun Pemilu 2014, di gedung pertemuan PG. Pagotan, Senin (12/5). [sudarno/bhirawa]

Rate this article!
Tags: