Ning Ema Serahkan Bantuan Bang PeSoNa Kepada Kelompok Tani Hutan

Ning Ema saat menyerahkan Bantuan Bang PeSoNa dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Kelompok Tani Hutan Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Minggu (19/07). [arif yulianto/bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) asal Kabupaten Jombang, Ema Umiyyatul Chusnah (Ning Ema) menyerahkan Bantuan Bang PeSoNa (Pengembangan Perhutanan Sosial Nusantara) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Minggu (19/07).

Ning Ema mengatakan, Bantuan Bang PeSoNa ini diserahkan kepada 10 KTH yang ada di Kabupaten Jombang, termasuk salah satunya yakni, KTH di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

“Saya berharap, mereka bisa menanam, bibit (pohon) kayu, ada Sengon, ada Jati, dan juga ada Gembilia yang bisa ditanam di pekarangan masing-masing,” kata Ning Ema.

Selain bibit-bibit pohon jenis kayu, Bantuan Bang PeSoNa yang diberikan ini juga termasuk di dalamnya terdapat bibit-bibit buah.

“Yang mana di Klitih ini ada bibit Jeruk, yang tadi kami serahkan. Dan macam-macam, ada Klengkeng, ada Durian yang di Wonosalam, jadi tergantung wilayahnya masing-masing,” beber Ning Ema.

Ning Ema berharap, Bantuan Bang PeSoNa ini bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk pengembangan lahan-lahan mereka dengan bibit-bibit tanaman tersebut. Selain itu lanjut Ning Ema, pada Bantuan Bang PeSoNa ini juga memberikan hewan ternak kepada KTH-KTH.

“Dari 10 kelompok (KTH) itu, akan mendapatkan 15 ekor kambing. Jadi di samping bibit yang kita berikan, mereka juga akan mendapatkan ternak berupa Kambing sejumlah 15 ekor. Anggarannya, 50 persen berupa bibit, 50 persen berupa ternak,” lanjut dia.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Hutan Abib Raya, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Ya’ul Anita (36) mengatakan, adanya Bantuan Bang PeSoNa yang diserahkan tersebut bisa menambah tingkat perekonomian warga yang ada di kelompoknya.

“Kami sampaikan terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat di desa kami ini. Program Bang PeSoNa ini sangat membantu sekali,” tutup Ya’ul Anita. [rif]

Tags: