Normalisasi Saluran Tambak Gringsing, Wawali Armuji Ajak Warga dan Kelurahan Duduk Bersama

Surabaya, Bhirawa
Pengaduan warga yang masuk ke Wakil Walikota Surabaya Armuji di respon cepat dengan mengunjungi RW II Kelurahan Krembangan Utara , Kecamatan Pabean Cantian. Didampingi oleh petugas Kelurahan , Kecamatan serta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Wakil Walikota Surabaya itu menyusuri saluran sepanjang jalan tambak Gringsing pada Kamis (13/1).

Melihat kondisi Saluran yang endapannya sudah menumpuk , satgas DBMSDA Kota Surabaya melakukan pengerukan manual dimulai dari rumah pompa Pesapen. Yang menjadi kendala ada 40 rumah yang pembuangan limbah MCK langsung ke saluran bahkan ditemui rumah maupun bangunan diatas saluran.

“Waduh, ini mau gak banjir piye kalau hujan. Tolong kelurahan dan kecamatan warganya didata nanti diajak rembuk bersama kalau mau dibersihkan harus menemukan kesepakatan,” kata Cak Ji.

Dirinya menyampaikan, saluran yang di kampung-kampung perlu di lakukan pengawasan mandiri secara gotong royong oleh masyarakat sekitar.

“Pemerintah kota Surabaya tentu tidak bisa sendiri , ini harus kolaborasi dan gotong royong. Kalau nanti sudah satu kata semua warganya kita akan kerjakan. Jangan sampai banjir yang disalahkan kita tapi warga juga tidak sadar “, tegasnya.

Beberapa kali pemerintah kota melakukan upaya pengerukan namun tidak optimal karena terhalang akses sehingga alat berat tidak bisa masuk untuk mengangkat sedimen saluran. “ini ada dua kelurahan yang terdampak nanti akan dipandu oleh kecamatan”, imbuhnya. [iib]

Tags: