Novita Hardini: Dorong Tindak Lanjut Sepeda Keren

Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, SE

Trenggalek , Bhirawa
Kebermanfaatan Sekolah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan (Sepeda Keren) di Trenggalek kian terasa. Diluncurkan pertama kali tahun 2019 lalu, Sepeda Keren di diharapkan mampu mendorong penguatan perempuan dan kelompok rentan sehingga lebih berdaya.

Bila diawal peluncuran, Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, SE., bersama dengan para akademisi, beberapa lembaga sosial yang dilibatkan menyusun modul sepeda keren. Kemudian merekrut para mentor, kader Sepeda Keren Desa, kini kebermanfaatan Sepeda keren semakin terasa.

Penguatan-penguatan perempuan dan kelompok rentan melalui pelatihan dan pendidikan advokasi kian gencar. Bahkan desa-desa yang ada mulai menganggarkan melalui APBDesnya, alokasi anggaran pemberdayaan perempuan dan anak melalui Sepeda Keren.

Seperti yang disampaikan Jati, Sekcam Kecamatan Panggul yang sangat mendukung upaya pemberdayaan perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan di daerahnya.

“Tentunya pemberdayaan perempuan dan anak ini sangat mendukung pembangunan sumberdaya manusia,” ungkap Jati saat menerima kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek di Aula Pantai Taman Kili-Kili Kecamatan Panggul, Senin (15/3).

“Semua desa sudah mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan perempuan. Meskipun belum maksimal, semoga kedepan bisa semakin maksimal sehingga perempuan, anak dan kelompok rentan bisa lebih berdaya,” harapnya.

Dengan Sepeda Keren, di Desa Besuki, Kecamatan Panggul lahir forum anak desa. Ada banyak kegiatan yang dilakukan sepertihalnya mengembangkan bakat minat anak secara efektif, mencerdaskan ketrampilan anak dengan beberapa kegiatan positif.Bahkan Desa Besuki mencoba membentuk RTL Anak yang nantinya akan menjadi wadah anak menyampaikan aspirasinya.

Terus di Desa Ngrencak, mayoritas anak belum lulus sekolah lebih memilih merantau untuk menambah penghasilan keluarga. Dengan adanya Sepeda Keren, PKK Desa Ngrencak mencoba mendorong peningkatan kopetensi anak, dengan budaya literasi dan masih banyak yang lainnya.

Mendengar aksi sepeda keren sudah terasa di Kecamatan Panggul, Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek merasa senang, pasalnya apa yang di inisiasinya sudah mulai membuahkan hasil.Novita gembira bisa mematik semangat Pemerintah desa, PKK Desa, Kader Sepeda Keren dan masyarakat desa mempunyai semangat sama mendorong perempuan dan kelompok rentan lebih berdaya.

Penggiat perempuan Kabupaten Trenggalek ini mengajak seluruh masyarakat yang hadir di Aula Pantai Taman Kili-Kili ini untuk mau berjuang bersama sama, mendorong penguatan perempuan dan kelompok rentan. “Mari berjuang bersama-sama. Sudah saatnya perempuan menguatkan dan mendukung perempuan lain, anak menguatkan anak lainnya,” imbuhnya.

Dengan begitu, lanjut ibu tiga anak ini, “semoga kebermanfaatan Sepeda Keren dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Trenggalek,” lanjutnya.

Dengan semua bisa berdaya perempuan yang juga didapuk menjadi Bunda GenRe ini berharap dapat mengurangi angka kemiskinan yang ada. (Wek)

Tags: