OASE Sambangi 217 Penyakit Jiwa di Jombang

OASE Sambangi 217 Penyakit Jiwa di JombangJombang, Bhirawa
Sejumlah Istri Menteri yang tergabung dalam OASE kabinet Kerja mengunjungi pasien penyakit jiwa yang ditampung di Yayasan Griya Cinta Kasih (GCK) Jogoroto Jombang. Sedikitanya ada 217 pasien yang dirawat untuk menjalani rehabillitasi.
Bupati Jombang Nyono Suharli yang ikut dalam rombongan istri Menteri Kabinet Kerja dan juga Ny Nina Soekarwo langsung menyerahkan bantuan sebesar Rp 150 juta untuk yayasan Griya Cinta Kasih (GCK) Jogoroto Jombang.
“Alhamdulillah semoga bantuan yang sedikit ini bisa meringankan yayasan ini dalam merawat pasien sakit mental, dan semoga pengurus yayasan diberikan kekuatan, kesabaran dan kelancaran dalam mengurus dan merawat saudara saudara kita ini,” tutur Bupati usai menyerahkan bantuan.
Pondok rehabilitasi, GCK yang berdiri sejak 2007 lalu ini kini menampung tidak kurang sebanyak 217 pasien sakit jiwa. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur bahkan hingga banten. “Kita awalnya ingin menolong mereka yang berada di jalan jalan, saat terjaring razia dibuang ke daerah satu kemudian dipindah lagi ke daerah lainnya,” ujar Jami’in pendiri Yayasan GCK menceritakan.
Pihaknya mengelola hunian bagi penyandang penyakit jiwa ini secara mandiri bersama masyarakat. Disamping mendapat bantuan dari pemerintah daerah. ” bantuan untuk makan sehari hari ini dari pemkab sebesar Rp 150 juta. Itu kita cukup memberi makan 2 kali sehari,”ungkapnya seraya berharap para Istri Menteri kabinet Kerja menyampaikan apa yang ada di lapangan.
Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE ) Kabinet Kerja yang terdiri para istri menteri yang didampingi istri pejabat di tingkat Provinsi Jawa Timur dan  Kabupaten Jombang. Turut serta dalam rombongan OASE KK istri Kemensesneg, Setkab, Kemen PDT, Kemenpora, Wamenkeu, Kabapennas, Kemen PAN,Kemen UKM, Kemenhub, Menaker.
Turut mendampingi adalah Istri Panglima TNI, istri Kapolri. tampak juga , Dra. Hj.Nina Soekarwo MSi(istri Gubernur Jatim Soekarwo) dan Dra. Hj. Fatma Syaifullah Yusuf (istri Wagub Jatim Saifullah Yusuf), istri Kapolda, istri Danrem, Ir. Hj.Tjaturina Yuliastuti Wihandoko MM (Istri Bupati Jombang), bersama Istri Forpimda Kabupaten Jombang.
Bupati Nyono Suharli sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pengurus Yayasan GCK serta para relawan yang telah dengan tulus ikhlas membantu pasien ini untuk dapat sembuh. Dan Apa yang dilakukan oleh yayasan GCk menurut Bupati adalah salah satu upaya untuk membantu pemerintah ,khususnya Pemkab Jombang dalam upaya Jombang Bebas Pasung 2016. [rur]

Tags: