Obsesi Ubah Akreditasi

dodo-anondodr Dodo Anondo
Meski jabatan sebagai Direktur RSUD dr Soetomo bakal segera berakhir, tidak membuat semangat orang nomor satu di rumah sakit terbesar di Indonesia Timur ini padam. Di usianya yang ke-59 tahun, dr Dodo Anondo MPH masih memiliki obsesi yang ingin diwujudkan. Yakni menjadikan RSUD dr Soetomo menjadi rumah sakit dengan akreditasi paripurna.
”Saya ingin sebelum purna tugas, RSUD dr Soetomo berubah akreditasinya dari utama menjadi paripurna,” ujar Dodo.
Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim ini mengungkapkan, saat ini dirinya berusaha keras agar akreditasi rumah sakit dapat berubah, sehingga banyak waktu yang dialokasikannya untuk mengawal akreditasi. ”Saya bersama dengan tim RSUD dr Soetomo bekerja keras untuk membawa RSUD dr Soetomo menjadi rumah sakit terbaik di Jatim,” terangnya.
Menurutnya, jika akreditasi rumah sakit dapat berubah menjadi paripurna, maka pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada pasien akan semakin meningkat. ”Kita akan menjaga kualitas layanan karena rumah sakit dengan akreditasi paripurna akan menjadi sorotan jika dalam memberikan pelayanan tidak baik,” jelasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya RSUD dr Soetomo¬† belum pernah mendapatkan akreditasi paripurna. Jika pun ada, baru akreditasi utama. ”Jika akreditasi utama kita pada 2013 sudah mendapatkannya, akan tetapi saya tidak puas dengan akreditasi utama,” tambahnya.
Dikatakannya, untuk menyabet akreditasi utama, RSUD dr Soetomo terlalu mudah untuk memperolehnya. Dengan semakin baiknya pelayanan dan fasilitas rumah sakit, RSUD dr Soetomo memang layak untuk memperoleh akreditasi utama. ”Kalau akreditasi utama sudah bukan tantangan lagi bagi RSUD dr Soetomo, akan tetapi yang menjadi tantangan saat ini adalah akreditasi paripurna,” jelasnya.
Ke depan ia berharap dengan sisa waktu yang ada, dia dapat memberikan hadiah bagi RSUD dr Soetomo. ”Ingin saya tidak aneh-aneh, yang terpenting rumah sakit ini naik akreditasinya. Jika ini tercapai maka ketika pensiun nanti saya akan bangga dengan jabatan Direktur RSUD dr Soetomo,” ujar. [dna]

Rate this article!
Obsesi Ubah Akreditasi,5 / 5 ( 1votes )
Tags: