One Way Jalan Semeru Masih Akan Dikaji

6walikota malangKota Malang, Bhirawa
Wali Kota Malang, H. Moch Anton, memastikan one way, di kawasan Jalan Semeru masih akan dikaji. Namun  yang pasti Pemkot Malang ingin melakukan penataan lalu lintas di Jalan Semeru hingga kawasan Rajabali. “Kemacetan yang kerap kali terjadi di Jalan Semeru hingga Rajabali akan kita urai, solusinya kita kaji dulu apakah dengan one way atau rekayasa lalu lintas,” terang Wali Kota Moch. Anton Rabu (7/5) kemarin.
Karena itu pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak merespon berlebihan rencana tersebut, karena tahapanya masih sangat jauh. “Makanya kita minta kepada Lurah dan Camat yang ada di kawasan itu, untuk menyampaikan kepada masayarakat Pemkot Malang akan  melakukan penataan  lalulitas,” imbuhnya.
Wali kota yang kerap disapa Abah Anton ini, berharap kebijakan yang akan diambil itu, telah melalui kajian yang matang dan direspon positif oleh mayarakat. “Kita tidak ingin kejadian di kawasan Betek terulang, makanya tahap pertama yang harus dilakukan adalah kajian terlebih dahulu, selanjutnya sosialisasi kepada tokoh masyarakat,” terangnya.
Meski diakui dia, one way di Jalan Mayjen Pandjaitan (Betek) hingga Jalan MT Haryono, sudah bisa dirasakan, tapi lemah dalam sosialisasi sehingga sempat terjadi penolakan oleh masyarakat. Karena itu, Pemkot Malang sedang membentuk tim kajian penataan lalu lintas Jalan Semeru.
Yang akan dilibatkan selain dari unsur Pemkot Malang, akedemisi, dan pihak kepolisian, tim tersebut juga melibatkan masyarakat. Ini dimaksudkan agar solusi kemacetan bisa ditemukan. “Semua akan kita libatkan, sehingga pemberlakuan jalur satu arah ini tidak merugikan sejumlah pihak, tetapi justru mampu menjadi solusi mengurai kemacetan, karena di Jalan Semeru, terdapat Stadion Gajayana, Universitas Cipta Wacana, dan Gereja, jangan sampai mereka terganggu dengan kebijakan ini,” tambah Abah Anton.
Menurutnya, jika hasil kajian ternyata  jalur satu arah tidak memungkinkan maka akan diambil solusi lain. Namun jika kajianya positif  pemberlakuan jalur satu arah di kawasan Jalan Semeru baru dilakukan. “Intinya Pemkot Malang baru bisa menentukan langkah selanjutnya tergantung hasil kajiannya. Makanya kita tegaskan one way  masih rencana, mengenai teknis ke depannya kita tunggu dulu hasil kajian,” tukasnya.
Sambil menunggu hasil kajian, sambung Anton, Pemkot Malang akan segera melakukan penataan di kawasan Jalan Semeru termasuk Jalan Kawi. “Semua kita tata dulu, keputusan ini belum final,” tandasnya.
Sementara itu, Sugeng Budio, Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya, mengaku siap melakukan kajian akademis soal rencana pemberlakuan jalur satu arah tersebut. “Prinsipnya kami siap melakukan kajian  kapanpun rencana itu dilaksanakan. Karena ini semua demi kepentingan warga Kota Malang,” tuturnya. [mut]

Keterangan Foto : Wali Kota Malang, H. Moch Anton.

Tags: