Operator Selular Sukses Layani Lonjakan Trafik

Lonjakan trafik selama Natal dan tahun baru telah sukses dilalui para operator selular.

Lonjakan trafik selama Natal dan tahun baru telah sukses dilalui para operator selular.

Surabaya, Bhirawa
Beberapa operator selular mengklaim berhasil melalui  lonjakan trafik dan telah mencapai target yang ditetapkan selama Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 (Naru).
Menurut Executive Vice President Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati, Selasa (6/1), keberhasilan mencapai target dan mencatat kinerja prestasi yang bagus ini terbukti pada malam tahun baru, lonjakan trafik bisa dilalui dengan sukses.
“Pencapaian target tersebut tidak lepas kerja keras dan kerja cerdas yang dilaksanakan Yetty serta seluruh tim yang selalu siaga penuh di malam tahun baru. Bahkan mereka dengan tidak cuti dan tidak libur hingga pergantian akhir tahun,” ungkapnya.
Lonjakan trafik Voice selama Naru mencapai 290,44 juta menit, naik sebesar 8,94 persen dibandingkan tahun lalu dan diperkirakan akan menduduki sekitar 54,75 persen dari kapasitas yang ada sebesar 530,53 juta menit per hari.
Sedangkan lonjakan trafik SMS mencapai 200,32 juta, naik sebesar 11,08 persen dari tahun lalu dengan menduduki kapasitas yang ada sebesar 200.06 SMS perhari, adapun tambahan kapasitas SMS secara nasional dapat mengakomodir tambahan sekitar 1,9 milyar SMS.
Lonjakan trafik Data juga mencapai 261,37 Terabyte, naik sebesar 144.11 persen yang menduduki sekitar 77,04 persen dari kapasitas yang ada sebesar 339,25 Terabyte perhari. Selain itu Visitor Location Register (VLR) subscriber mencapai 27,30 juta subscriber, naik sebesar 13,51 persen dan menduduki sekitar 58,19 persen dari kapasitas yang ada sebesar 46,92 juta subscriber.
Sementara PT XL Axiata Tbk (XL) selama perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru 2015 jaringan XL tetap aman dan lancar dalam  mendukung dan melayani kelancaran berkomunikasi masyarakat khususnya pelanggan.
“Jaringan dan kelancaran termasuk dalam penyediaan layanan data yang nyaman, sehingga pelanggan dapat mengoptimalkan alternatif pilihan media berkomunikasi melalui layanan Data selain menggunakan layanan voice dan SMS dalam menyampaikan pesan Natal dan Tahun Baru bagi kerabat dan handai taulan,” pungkas Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi.
Sedangkan selama dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, layanan SMS tampaknya masih menjadi favorit bagi pelanggan dengan 175.230.254 sms/hari naik 18 persen, penggunaan layanan Data sebesar 71GB/hari naik 4 persen. Penggunaan layanan percakapan cenderung mengalami penurunan menjadi 59.318.452 menit/hari turun 1 persen.
Kenaikan tertinggi layanan SMS terjadi di Surabaya, Mataram dan Jember, kenaikan trafik data juga terjadi di Surabaya, Denpasar dan Mataram. Sementara pada hari biasa, di East Region trafik voice 60.034.535 menit/hari, sms 148.110.953 sms/hari dan trafik data lebih dari 68 GB/hari. [riq]

Tags: