Operator Selular Uji Kesiapan Jaringan

Teknisi XL sedang melakukan perawatan berkala pada perangkat BTS 4G untuk meningkatkan layanan guna mengantisipasi lonjakan trafik semua jenis layanan telekomunikasi dan data saat masuk bulan Ramadan dan libur panjang Lebaran.

Teknisi XL sedang melakukan perawatan berkala pada perangkat BTS 4G untuk meningkatkan layanan guna mengantisipasi lonjakan trafik semua jenis layanan telekomunikasi dan data saat masuk bulan Ramadan dan libur panjang Lebaran.

Surabaya, Bhirawa
Persiapan menghadapi lonjakan trafik di semua jenis layanan telekomunikasi saat di bulan Ramadan dan libur panjang Lebaran, PT XL Axiata Tbk (XL) telah melakukan uji kesiapan jaringan dengan meningkatkan kapasitas jaringan.
Selain itu XL juga menerapkan pengelolaan jaringan dengan memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan sehingga semakin memudahkan dalam mengatur kemampuan jaringan menyesuaikan dengan kondisi trafik yang ada di suatu wilayah.
“Kami memang Secara khusus mempersiapkan jaringan dan hal terkait lainnya dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran yang diikuti oleh masa pulang kampung dan libur panjang di berbagai daerah. Meski ini adalah rutinitas setiap tahun, namun ini adalah masa yang krusial di mana puluhan juta pelanggan sangat membutuhkan koneksi dengan kualitas terbaik,” ungkap Direktur/Chief Service Management Officer (CSMO) XL, Yessie D. Yosetya saat dikonfirmasi Bhirawa diruang kerjanya, Rabu (11/5) kemarin.
Yessie memperkirakan kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran akan terjadi pada layanan Data yang mencapai 30%-40%, sementara untuk trafik layanan percakapan dan SMS cenderung stabil meski tidak tertutup kemungkinan akan mengalami kenaikan antara 5%-15% dibandingkan kondisi trafik pada hari biasa.
“Kenaikan trafik ini terutama akan terjadi di Pulau Jawa, trafik penggunaan layanan akan mengalami kenaikan karena diperkirakan pelanggan akan lebih aktif menggunakan semua layanan saat Ramadan dan libur panjang Lebaran,” jelasnya.
Untuk itu sebulan menjelang Ramadan, XL telah memastikan kesiapan jaringannya di seluruh wilayah layanan yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. “Uji jaringan telah XL lakukan di sebagian besar area yang setiap tahun rutin mengalami kenaikan trafik secara signifikan,” pungkas Vice Presiden Service Operation Managemen XL, I Gede Darmayusa.
Darmayusa menambahkan, uji jaringan tersebut sekaligus menjadi saranaXL mengidentifikasi kendala apa saja yang ada untuk dilakukan perbaikan. “Targetnya, memasuki Ramadan jaringan XL sudah sepenuhnya siap melayani kebutuhan pelanggan, termasuk jika terjadi lonjakan trafik,” terangnya.
Sementara dengan asumsi di era digital semakin meniadakan hambatan-hambatan komunikasi, maka diperkirakan siapa saja yang berada di mana saja, sejauh ada koneksi telekomunikasi dan internet akan bisa terkoneksi ke dunia.
“Bahkan, bagi mereka yang berada di tempat terpencil secara geografis. Oleh karena itu XL merasa perlu memastikan semua jaringan aman untuk menampung kenaikan trafik di saat berlangsungnya hari-hari sibuk tersebut,” ujarnya. [riq]

Tags: