Optimalkan Kinerja, Wali Kota Madiun Tata Birokrasi Lagi, Lantik 15 Pejabat

Wali Kota Madiun, Maidi menyaksikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Heri Wasana usai dilantik menandatangani berita acara. [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa
Untuk penataan birokrasi kembali dilakukan Wali Kota Madiun Maidi, Kamis (19/11) hanya 15 pejabat yang mengikuti pengambilan sumpah dan pelantikan.

Salah satunya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Heri Wasana. Heri Wasana mendapat jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Namun, dia juga masih menjabat Plt Dinas Pendidikan.

Wali Kota Madiun Maidi menyebut alasan kesehatan yang menjadi faktor pemindahan jabatan. “Jangan sampai sudah sakit, harus berobat ke luar daerah, tapi masih kepikiran ini itu, kan kasihan,” kata wali kota usai Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional di Lingkungan Pemkot Madiun.

Pengisian jabatan kata Wali Kota, bakal dilakukan secara lelang. Tidak hanya di Dinas Pendidikan. Namun, juga enam dinas lain. Pengisian melalui lelang jabatan itu ditargetkan Desember nanti.

”Januari 2021 kan ada SOTK baru. Ya kalau Desember bisa selesai ya dilakukan Desember. Kalau tidak ya Januari,” jelasnya.

Wali Kota menyebut jalannya pemerintahan tak terlepas dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Pelaksanaan RPJMD tersebut tak terlepas dari peran organisasi perangkat daerah (OPD). Karenanya, OPD wajib dioptimalkan. Wali kota menyebut penataan birokrasi merupakan salah satu upaya pengoptimalan kinerja OPD tersebut.

”RPJMD ini tidak mungkin saya kerjakan sendiri. Butuh peran OPD-OPD, saya berharap OPD maksimal. Bukan malah sebaliknya,” jelasnya.

Wali Kota menyebut RPJMD memang untuk lima tahun. Namun, wali kota berharap RPJMD dapat selesai 3,5 tahun. Sisanya, dapat digunakan sebagai nilai tambah. Artinya, RPJMD tidak hanya tuntas 100 persen.

Namun, Pemkot juga memberikan program tambahan di luar RPJMD tersebut. Masyarakat semakin bisa terlayani.”Jangan pelit berbuat baik. Kalau kita bisa berbuat lebih, kenapa tidak. Toh ini demi kesejahteraan masyarakat,”tegas Wali Kota [dar]

Tags: