Optimis PON Remaja Lahirkan Atlet Kelas Dunia

10-api ponSurabaya, Bhirawa
Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I tidak hanya sekadar memberikan kesempatan kepada atlet muda untuk bisa meraih prestasi. Sebab tujuannya utamanya adalah untuk mencetak atlet kaliber dunia.
Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jatim, Drs H Siafullah Yusuf pada acara jamuan makan malam kontingen di Grahadi, Senin malam (8/12). Ia berharap di multieven khusus remaja yang baru pertama kali digelar ini bisa menelurkan atlet yang bisa meraih prestasi di tingkat internasional.
“Mudah-mudah dari Jawa Timur lahir atlet- atlet yang luar biasa. Saya sampaikan apresiasi kepada Ketua KONI Pusat yang memberikan kepercayaan kepada Pemprov. Jatim untuk menjadi tuan rumah PON Remaja I tahun2014. PON Remaja pertama  sejak Indonesia merdeka,” Kata Saifullah Yusuf dihadapan tamu undangan.
Lebih lanjut pejabat yang akrab disapa Gus Ipul mengatakan kalau seluruh masyarakat Jatim menyambut hangat event ini, apalagi selama ini Jatim juga dikenal sebagai provinsi yang selalu melahirkan atlet nasional. “”Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen di provinsi yang sedang berupaya untuk menjadi provinsi nomor satu di Indonesia,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB (Pengurus Besar) PON Remaja I/2014 itu.
Sedangkan  Ketua KONI Pusat, Toni Suratman mengatakan, prestasi atlet Indonesia akan berkembang dengan baik jika dilakukan pembinaan dari usia muda. Karena mereka juga harus diberikan lahan untuk mengembangkan prestasi. “Tujuan utama PON Remaja ini untuk pembinaan atlet-atlet muda,” katanya.
Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan penyelenggaraan PON) Remaja merupakan langkah awal rekrutmen atlet. Bibit-bibit unggul pada berbagai cabang olahraga yang diperlombakan akan masuk pertimbangan untuk dibina lebih lanjut.
“Malam ini (kemarin) saya akan buka acara PON Remaja, ini adalah langkah awal untuk rekrutmen atlet-atlet kita disemua cabang olahraga yang dilaksanakan. Kami sedang melihat dan menilai standar rekrutmen atlet dan penyelenggaraannya seperti apa, baru nanti akan diputuskan,” Kata Menpora Imam Nahrawi usai memberikan Kuliah Umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Selasa (9/12).
Ia percaya Jawa Timur dapat melaksanakan gelaran olahraga nasional ini dengan baik. “Ini sejarah bagi  Jatim untuk penyelenggaraan PON Remaja Pertama. Semoga berjalan dengan baik dan menghasilkan atlet profesional. Terima kasih pada Pemprov Jatim,” Ungkap menteri yang biasa disapa Cak Imam ini. [wwn]

Keterangan Foto : Wakil Gubernur Jatim, Drs H Saifullah Yusuf disaksikan Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung saat melepas api PON Remaja di Grahadi untuk diarak menuju tempat pembukaan di DBL Arena Jalan A Yani Surabaya. [trie diana/bhirawa]

Tags: