Overload, Ubah TPA Jadi RTH

Kondisi TPA di Desa Kenep, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan sudah overload, sehingga diputuskan di pindah ke TPA Sukorejo. [Hilmi Husain]

Kondisi TPA di Pasuruan Overload, Diputuskan Jadi Ruang Terbuka Hijau
Pasuruan, Bhirawa
Pemkab Pasuruan memastikan tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Kenep, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan ditutup akhir Januari 2020 kemarin karena sudah overload.
“Kondisi TPA di Desa Kenep sangat-sangat penuh. Sehingga, akhir Januari 2020 kemarin sudah kami tutup,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Heru Farianto, Minggu (2/2).
Usai melakukan penutupan, lanjut Heru, TPA Kenep tersebut akan diubah fungsinya sebagai ruang terbuka hijau (RTH). Anggaran sebesar Rp 1 miliar sudah disiapkan untuk menata dan mempercantik lahan di Kenep.
“TPA Kenep kondisinya nanti akan berubah drastic yakni diubah menjadi RTH dengan anggaran Rp 1 miliar. Besaran anggaran itu untuk penghijauan di sekitar eks TPA Kenep, pagar keliling, sanitasi serta irigasi,” papar Heru Farianto.
Sedangkan tempat pembuangan akhir diahlihkan ke TPA baru yang berasa di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo. Dengan demikian, semua sampah dari 11 kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan bisa langsung dibuang ke TPA Wonokerto, untuk dilakukan pemilahan sampai daur ulang.
“TPA Wonokerto sudah mulai dioperasikan pada awal Februari 2020 ini. Semua sampah masyarakat bisa langsung kirim ke TPA baru di TPA Wonokerto,” papar Heru Farianto.
Ia menjelaskan di TPA Wonokerto selain kondisi jalan di TPA sudah layak, instalasi pembuangan limbah (IPL) penampungan air lindi (suatu cairan yang dihasilkan dari pemaparan air hujan pada timbunan sampah) sudah siap. “Di TPA baru ini lebih optimal. IPL untuk penampungan lindi sudah selesai. Termasuk pula jalan di TPA sudah layak,” urainya.
Tahun ini, Pemkab Pasuruan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 17 miliar untuk membangun sarana prasarana di lahan TPA Wonokerto seluas 4,6 hektar. TPA Wonokerto juga dipasang pagar keliling, pengerasan jalan, ruangan untuk edukasi dan perkantoran. Termasuk pula, tempat alat berat dan angkutan sampah (garasi) juga bakal dibangun.
Bahkan, timbangan keluar masuk pengangkut sampah serta cell baru dengan teknologi sanitary landfill siap difungsikan. [hil]

Rate this article!
Tags: