Pandemi, Stock Opname Koleksi

Kadispora Jatim Supratomo

Pemprov, Bhirawa
Di tengah pandemi Corona Virus Desease (Covid 19) hingga kini belum hilang, Dinas Perpustakaan dan Provinsi Jawa Timur (Diperpusip Jatim) hanya melakukan stock opname terhadap koleksi perpustakaan.
Plt Kepala Disperpusip Jatim, Supratomo mengatakan, pihaknya masih belum bisa melaksanakan program dikarenakan sebagian besar anggaran sudah dialihkan ke penanganan Covid 19.
“Disela-sela tidak banyak kegiatan, kami melakukan stock opname terhadap koleksi buku yang ada di perpustakaan. Kalau tidak dilakukan sekarang, ke depannya akan keteteran,” katanya didampingi Sekretaris Disperpusip Jatim, Hasto.
Dikatakannya, kini jumlah koleksi buku yang ada di Perpustakaan Jawa Timur kisaran 700 buku lebih. ”Adanya stock opname ini, maka akan diketahui jumlah koleksi buku yang sebenarnya,” katanya.
Ditambahkannya, tidak dipungkiri jumlah buku koleksi juga berkurang, dikarenakan hilang atau peminjam tidak mengembalikan. Untuk buku koleksi yang sudah tidak ada dalam daftar, nantinya akan dilakukan penghapusan.
“Jika memang tidak ada lagi bukunya, ya kami hapus. Hal ini dilakukan agar tidak membuat kecewa peminjam buku lainnya. Dikala mereka ingin meminjam buku, dan didaftar sudah ada tetapi kenyataannya bukunya tidak ada, maka bisa jadi mereka kecewa. Untuk itu stock opname dilakukan agar mengurangi kekecewaan,” paparnya.
Untuk pelayanan Perpustakaan di Disperpusip Jatim, lanjutnya, hingga kini masih melalui drive thru baik untuk peminjaman buku maupun pengembalian buku. Sementara ini, layanan untuk masuk dalam perpustakaan juga masih ditutup.
“Kami masih membuka layanan dengan melalui online saja, pemesanan bisa menggunakan media chatting. Lalu peminjam datang dan mengambil buku yang akan dipinjamnya,” ujarnya. [rac]

Rate this article!
Tags: