Pangarmada II Gowes Lewati Rute Sejarah Kota Pahlawan

Pangarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto saat gowes melewati jalan-jalan bersejarah di Kota Surabaya, Selasa (18/2).

Surabaya, Bhirawa
Olahraga bersepeda atau yang kini dikenal dengan istilah gowes. Rupanya tak hanya diminati masyarakat umum maupun komunitas sepeda yang ada di Jawa Timur, khususnya Surabaya saja.
Namun gowes ini juga diminati oleh TNI AL, khususnya oleh Panglima Komando Armada (Pangarmada) II, Laksda TNI Heru Kusmanto. Segarnya udara pagi menjadi kenikmatan tersendiri bagi Heru. Dimana pihaknya bersepeda pagi dengan rute mengelilingi jalan-jalan yang berkaitan dengan sejarah Kota Pahlawan.
Adapun rute yang dilewati adalah Mess Yos Sudarso-Siola-Blauran-Tugu Pahlawan-Jl. Indrapura-Perak Barat-Jalan Jakarta dan finish di Mako Koarmada II Ujung.
“Alhamdulillah, gowes bersama ini kita agendakan sebagai giat rutin bulanan. Selain menjaga kesehatan juga mempererat tali silaturahmi antar kotama angkatan laut di Surabaya,” kata Laksda Heru Kusmanto.
Heru mengaku Sengaja mengambil rute yang terdapat ikon sejarah Surabaya. Hal itu sekaligus sebagai perwujudan semangat yang membara pada saat arek-arek Suroboyo mempertahankan Kota Surabaya dari penjajahan Belanda.
“Semangat itu bisa menular pada diri kita agar dapat membangkitkan semangat kerja dan menambah kekompakan antar kasatker,” pungkasnya.
Tak hanya Pangarmada II saja. Gowes mengenang sejarah Kota Surabaya juga dihadiri oleh Kepala Staf dan para pejabat utama Koarmada II, para pejabat utama Kodiklatal dan AAL. [bed]