Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim Ziarah Ke Makam Mbah Wahab

Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta saat ziarah di makam KH Abdul Wahab Hasbullah (Mbah Wahab), Senin (30/11). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto dan Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Nico Afinta melakukan ziarah ke makam Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Hasbullah (Mbah Wahab) di Kompleks Makam Keluarga Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, Senin (30/11).

Kedatangan Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim disambut oleh Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, KH Hasib Wahab dan Keluarga Besar Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang.

Pantauan di lokasi, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim beserta rombongan tiba di makam Mbah Wahab sekitar pukul 15.55 WIB. Setelah melakukan do’a bersama dan tabur bunga di makam Mbah Wahab, rombongan kemudian melanjutkan acara ke Ndalem Kasepuhan Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang.

Di nDalem Kasepuhan Pesantren Bahrul Ulum, baik Pangdam V Brawijaya maupun Kapolda Jatim bersilaturrahmi dengan Keluarga Besar Pesantren Bahrul Ulum dan menyerahkan bantuan masing-masing 1 ton beras dan 1.000 masker.

Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto mengatakan, dirinya datang ke Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang bukan semata-mata memberikan bantuan, namun dikatakannya, dirinya dan Kapolda Jatim merupakan pejabat baru di Jatim.

“Jadi kita datang ke sini intinya silaturrahmi, mengenalkan diri, sama meminta do’a restu, semoga dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan, bisa berjalan dengan lancar, aman, dan sukses,” kata Mayjend TNI Suharyanto.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menambahkan, sebagai pejabat baru di Jatim, kunjungan silaturrahmi yang dilakukan dirinya bersama Pangdam V Brawijaya ke Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras ini dimaksudkan untuk mengikat tali silaturrahmi dan komunikasi dalam rangka mensukseskan tugas-tugas ke ke depan.

“Khususnya menghadapi Covid-19, Pilkada, maupun pengamanan Natal dan tahun baru, itu tugas jangka pendek. Sedangkan jangka panjangnya, adalah menjaga keutuhan dan kerekatan bangsa, di mana Tambak Beras menjadi salah satu poin penting bagi kami,” tambah Kapolda Jatim.

Terkait penanganan Covid-19 di Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menambahkan, dirinya bersama Pangdam V Brawijaya dan Gubernur Jatim telah mengadakan rapat, dan pihaknya akan melakukan Operasi Yustisi dengan sasaran tertentu sesuai daerah-daerah di Jatim yang terdapat peningkatan angka kasus Covid-19.

“Hal ini bisa dilaksanakan, bersama-sama dengan tim dari Satgas Covid-19 Pemda, lalu kami akan mensasarkan pada tempat-tempat ataupun kegiatan yang ada kumpulan massa,” tandas Kapolda Jatim.

Sebelumnya, kedua pejabat juga dijadwalkan mengunjungi Pesantren Tebu Ireng, Jombang untuk bersilaturrahmi dengan Keluarga Besar Pesantren Tebu Ireng, Jombang. Di Tebu Ireng, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim juga dijadwalkan melakukan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan makam Masyayikh Pesantren Tebu Ireng Jombang. Setelah dari Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, kedua pejabat dijadwalkan menghadiri acara di Makodim 0814 Jombang.(rif)

Tags: