Panlih Perangkat Desa Kecamatan Boyolangu Gandeng PT di Luar Tulungagung

Dua perangkat Desa Beji hasil pemilihan perangkat desa yang menggandeng PT di luar Tulungagung dilantik Kepala Desa Beji, Khoirudin, Senin (17/2).

Tulungagung, Bhirawa
Panitia pemilihan (Panlih) perangkat desa di Kecamatan Boyolangu lebih memilih menggandeng perguruan tinggi di luar Tulungagung untuk menyediakan soal ujian tersebut. Masalahnya, untuk meminimalisir kebocoran soal.
Camat Boyolangu,Moch Hanafi, disela pelantikan dua perangkat desa di Desa Beji, Senin(17/2), mengungkapkan dari sejumlah pemilihan perangkat desa di Kecamatan Boyolangu tidak ada satu pun yang menggandeng perguruan tinggi (PT) di Tulungagung untuk membuat soal ujian. “Mungkin panitia mengantisipasi takut ada intervensi kalau kenal,” ujarnya.
Hanafi mengaku tidak membatasi panitia pemilihan perangkat desa dalam menggandeng perguruan tinggi. Asalkan sesuai dengan Perda dan Perbup.
“Yang penting PT yang digandeng harus berakreditasi B. Dan itu terserah panitia pemilihan dalam memilih PT-nya. Bisa di luar Tulungagung juga bisa di Tulungagung,” paparnya.
Hal yang sama dikatakan Ketua Panitia Pemilihan Perangkat Desa Beji Kecamatan Boyolangu, Malik Afandi. Menurut dia, Panitia Pemilihan Perangkat Desa Beji lebih memilih menggandeng salah satu PTN di Malang agar kerahasian soal terjamin. “Kalau kami pilih PT di Tulungagung signyalnya besar bisa bocor. Kalau PT-nya dari luar Tulungagung kerahasian soal terjamin,” katanya.
Dengan pemilihan PT dari luar Tulungagung, lanjut dia, pemilihan perangkat desa di Desa Beji berlangsung lancar dan tanpa ada kendala. Isu kebocoran soal pun tidak sampai berhembus.
“Jadi pemilihan perangkat desa di Desa Beji berlangsung sukses dan lancar. Semua menerima hasil dari ujian yang dilangsungkan,” paparnya.
Dalam pemilihan perangkat Desa Beji belum lama ini ada 11 calon yang mendaftar sebagai kepala dusun (Kasun) Talun dan lima calon sebagai kepala seksi kesejahteraan. Hasilnya, yang terpilih adalah Atma Ansuistia Harja Saktiawan sebagai Kasun Talun dan Adi Indra Fitriawan sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Beji. Keduanya dilantik oleh Kepala Desa Beji, Khoirudin, Senin (17/2). (wed)

Tags: