Panwas Gresik Belum Tindak APK Pilpres Melanggar

uploads--1--2012--10--Panwaslu-1-okGresik, Bhirawa
Dimulainya masa kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat. Tidak diimbangi pengawasan maksimal oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), buktinya puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) milik salah satu Capres, sudah dipasang dibeberapa titik strategi. Bahkan, sengaja ada yang di paku di pohon.
Menurut Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Gresik, Abdul Sidiq Notonegoro Rabu (4/6), alat peraga Pilpres yang notabenya dipaku di pohon. Jelas melangar, tak hanya pada aturan KPU, tapi juga melanggar Peraturan Bupati (Perbup) tentang keindahan kota. Meskipun tak ada rekomendasi dari Panwas, seharusnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban.
Hingga kini, Panwas sudah menjadwalkan untuk melakukan koordinasi dengan seluruh lembaga untuk membahas aturan yang ada. Dan koordinasi ini, baru digelar pada Jumat mendatang setelah Rakornas selesai. Untuk Pilpres kali ini, kemungkinan besar tak akan berbeda jauh dengan Pileg 9 April lalu. Tim Sukes sudah mengetahui  hal itu melanggar aturan.
Ditambahkan Abdul Sidiq Notonegoro, Panwas kini masih fokus mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan seluruh Panwaslu se Indonesia. Terkait dengan belum adanya tindakan yang diambil, namun dengan mengaca pengalaman Pileg lalu. Tim Sukses paham, selain itu dalam Pilpres kali ini Panwas lebih maksimal meminimalisir adanya kecurangan dan pelanggaranya.
Sementara itu dari pantauan di lapangan, alat peraga kampanye yang di pasang melaggar aturan. Itu berada di perempatan Kebomas, Gresik, Pertigaan Petro dan Perlimaan Petro sudah nampak atribut milik pasangan Prabowo-Hatta. Juga di pohon-pohon, yang berada di Jl Panglima Sudirman sudah terpampang banner Prabowo-Hatta. Dan beberapa baliho besar, di Jl Panglima Sudirman. [kim]

Tags: