Partai Demokrat Sidoarjo Diperkirakan Megap-megap

Sidoarjo, Bhirawa
Partai Kebangkitan Bangsa dan Gerindra diperkirakan akan membuat kejutan besar Pileg 2014, pada 9 April besok. Sedangkan Partai Demokrat yang kini memiliki 11 kursi diramal hanya tinggal 5 kursi saja.
Mesin PKB dan Gerindra di Sidoarjo bekerja ekstra keras dengan menempatkan mantan lurah, pengusaha ditopang dengan elektabilitas Partai Gerindra di tingkat pusat yang di level 3 besar. Berdasarkan hitung-hitungan di atas kertas, PKB yang kini memiliki 10 kursi, akan menjadi partai pemenang dengan 14 kursi. Ada 3 Dapil di kabupaten yang ditarget bisa mendapatkan 9 kursi, yakni Dapil III (Jabon,Krembung,Prambon,Porong), Dapil I (Kota,Candi,Tanggulangin), Dapil II (Wonoayu, Sukodono, Tulangan).
Di Dapil III, PKB memasang tiga Caleg kuatnya yakni Wawan, Musouwimin, Dhamroni Chudlori. Dapil II ada Abdul Kolik, Fasic dan Faturozi. Pada Dapil I, ada Aslichin (anak bupati), Usman. Ketua DPC PKB yang juga bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, jauh hari mematok target 20 kursi. ”Angka riil PKB adalah 20 kursi,” katanya.Namun target ini terlalu berlebihan, karena semua partai juga bekerja keras untuk mengejar angka kursi tertinggi.
Informasi yang berkembang di kalangan pengurus partai, Gerindra yang sekarang memiliki dua kursi, bisa memanen delapan kursi, target besar perolehannya di Dapil V dan Dapil II. Ketua DPC Gerindra Sidoarjo, M Rivai, ditemui Senin (7/4) siang, menegaskan partainya akan merebut tiga kursi di Dapil V (Waru,Taman).
Dari 50 kursi DPRD Sidoarjo, PDIP ditargetkan tetap dengan tujuh kursi,  kursi PAN juga tinggal tujuh kursi dari sebelumnya delapan kursi, Partai Demokrat yang paling merana. Parpol pemenang Pemilu 2009 dengan 11 kursi hanya tinggal lima kursi, Golkar bertambah dari tiga kursi menjadi lima kursi, PKS sendiri bertahan dengan tiga kursi. Sisa satu kursi akan menjadi rebutan partai baru yakni Nasdem, PKPI, PBB.
Lumbung kursi Demokrat pada Pemilu 2009, di Dapil V dengan empat kursi, mengalami penurunan drastis. Dalam survei internal yang dibocorkan Calegnya, Dapil V nanti Demokrat hanya mendapat 1,3. Artinya hanya dapat satu kursi dengan sisa suara yang tak siginifikan. ”Untuk mendapat dua kursi suatu kewajaiban,” tukasnya.
Anggota DPRD yang terpilih lagi diperkirakan tinggal 30% hingga 40% saja, itu terjadi karena Caleg baru memiliki sumber daya financial yang kuat. ”Harus saya akui, Pileg ini ukurannya bukan kualitas manusianya. Tetapi diukur berapa uang yang disebarkan,” kata salah seorang Caleg.
Sambil geleng-geleng kepala, ia sudah mengucurkan Rp700 juta sampai Senin kemarin. Tetapi Caleg lain menabur uang sampai Rp3 miliar. Padahal dia hanya Caleg Petahana dari kabupaten. ”KALAU ada yang bilang, mereka yang kalah masuk RS jiwa, itu ada benarnya,” ujarnya. [hds]

Tags: