Partisipasi Pemilih Sidoarjo Capai 70 Persen

YusSidoarjo, Bhirawa
Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 untuk Kab Sidoarjo sudah berjalan dengan baik, lancar, relatif aman dan kondusif. Hal itu bisa dilihat ketika penghitungan surat suara sudah sampai di Provinsi Jatim juga tak ada gugatan.
Menurut Kepala Bakesbang Pol Sidoarjo Yusuf Isnayanto S Sos Selasa (13/5) lalu, Pemkab Sidoarjo sangat berterima kasih kepada warga masyarakat Sidoarjo. Karena Pileg 2014 sudah berjalan dengan
baik, begitu juga angka partisipasi pemilih juga mengalami kenaikan cukup baik pula.
Pemkab Sidoarjo menilai sangat bagus, karena angka partisipasi masyarakat itu bisa mencapai 73% atau angka Golputnya hanya sekitar 27%. Jauh dari Pileg yang lalu, angka Golput Sidoarjo mencapai sekitar 39 %. ”Berarti Pemkab Sidoarjo telah berhasil menjalankan amanah UU Pemilu yakni membantu KPU,” katanya.
Di dalam salah satu pasal dijelaskan, salah satu tugas pemerintah melakukan sosialisasi, dan pemerintah sendiri ada kepentingan membuat Pemilu berhasil. Jangan sampai Pemilu gagal, sebab nantinya pemerintah juga gagal. Karena setelah Pileg ini ada Pemilu Presiden (Pilpres) yang sangat berpengaruh pada negara ini. ”Disana nantinya  ada pergantian pada pucuk pimpinan di Indonesia ini,” ujarnya.
Maka sebagai pelaku, pemerintah terus mendorong kepada masyarakat supaya Pemilu berhasil dengan baik. Untuk Sidoarjo sudah terbukti, dilihat dari angka partisipasi masyarakat meningkat
sangat tajam. ”Hal seperti inilah yang harus kita tingkatkan terus, minimal harus kita pertahankan jangan sampai angka Golput membengkak lagi,” katanya.
Salah satunya untuk memotivasi masyarakat senang datang ke TPS, Pemkab Sidoarjo telah memberikan apresiasi kepada penyelenggara Pileg pada 9 April 2014 lalu. Pemkab Sidoarjo telah memberikan penghargaaan tiga ekor kambing kepada PPK, PPS dan TPS yang sukses atau dikunjungi DPT terbanyak.
Yang telah mendapatkan penghargaan kambing adalah PPK Kec Tarik dengan tingkat partisipasi kehadiran pemilih sebanyak 83,764% dan berhak mendapatkan tiga ekor kambing. PPS Desa Mulyodadi Kec Wonoayu dengan tingkat partisipasi kehadiran pemilih sebesar 90.909% berhak mendapatkan tiga ekor kambing.
Sedangkan untuk TPS yang berhak mendapatkan adalah TPS 06 Desa Kedungpandan, Kec Jabon dengan kehadiran pemilih sebanyak 95,967% berhak mendapatkan tiga ekor kambing. Sedangkan TPS 07 Desa Sentul Kec Tanggulangin tingkat partisipasinya sebanyak 99.551% berhak mendapatkan satu ekor kambing, karena jumlah DPT yang kurang dari 400 orang. [ach]

Keterangan Foto : Yusuf Isnayanto

Tags: