Pasca Banjir, Pemkab Bondowoso Lakukan Recovery

Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat saat meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang di dua Desa di Kecamatan Ijen. [Ihsan Kholil]

Bondowoso, Bhirawa
Pasca banjir bandang yang menimpa di dua Desa di Kecamatan Ijen waktu lalu. Selama masa tanggap darurat yakni 14 hari ke depan yang terhitung 29 Januari hingga 11 Februari 2020 Pemkab Bondowoso akan melakukan recovery terhadap kebutuhan masyarakat setempat.
Recovery itu seperti sarana infrastruktur air bersih, pembangunan jalan, dan perbaikan rumah yang terdampak banjir. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar Rahmat, saat mengunjungi sejumlah titik terdampak banjir bandang di dua Desa di Kecamatan Ijen itu.
“Untuk rumah yang rusak kita akan lakukan identifikasi, dan dalam jangka panjang kita akan lakukan recovery, menghitung berapa jumlah kerugian material yang sesungguhnya,” katanya, Sabtu (1/2).
Tak hanya itu kata dia, bahwa para korban juga banyak membutuhkan peralatan sekolah, peralatan mandi, dan peralatan rumah tangga lainnya. “Untuk anak sekolah juga akan dinventarisir, supaya pak Kades mendata, berapa yang terdampak, anak SD, TK, SMP, maupun SMA. Sehingga kita akan mengadakan sesuai kebutuhan di lapabgan,” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, Wabup Irwan mendatangi lokasi Posko kesehatan dan dapur umum. Juga melihat proses pembuatan tanggul penahan air di plengesengan yang jebol, bahkan ia pun menyaksikan secara langsung proses bersih-bersih yang dilakukan oleh warga setempat yang di bantu oleh seluruh tim relawan.
Dia juga menghampiri tim trauma healing Polres Bondowoso yang tengah melakukan upaya menghilangkan trauma puluhan anak korban yang terdampak banjir itu. [san]

Tags: