Paskibra SMKN 1 Buduran Raih Juara Umum LKKB Nasional

Tim Paskibra SMKN 1 Buduran bersama-sama menunjukan penghargaan yang telah diraihnya. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Tim Pasksibra (Pasukan Pengibar Bendera) SMK Negeri 1 Buduran berhasil meraih juara umum dalam Lomba Ketrampilan Baris Berbaris (LKBB) tingkat nasional Kobbar Api 2020 yang digelar SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung.
Lomba yang merupakan event tahunan ini diikuti siswa SMA/SMK/MA seluruh Pulau Jawa. Ada 50 pasukan yang mewakili tim Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Pembina Paskibra SMKN 1 Buduran, Arif Yulianto mengatakan, untuk SMKN 1 Buduran menjadi perwakilan Kabupaten Sidoarjo dan berhasil meraih Juara Umum karena berhasil meraih juara 1 Utama, Best Pasukan, Best Komandan Pasukan, Best Variasi, Best PBB dan berhasil mendapatkan trophy, baik dari LKBB Kobbar Api 2020, maupun piala bergilir dari Dispora Kabupaten Tulungagung, Bupati Tulungagung dan Gubernur Jawa Timur. Mereka terdiri dari 16 siswa, baik dari kelas X, XI dan XII yang tergabung menjadi satu pasukan, dengan 15 Pleton dan 1 Komandan Pasukan.
“Untuk mempersiapkan lomba ini, Paskibra SMKN 1 Buduran berlatih selama dua pekan setiap hari, mulai dari pulang sekolah hingga jam 18.00. Karena perlombaan ini dituntut untuk melatih fisik, mental, kekompakan dengan menyatukan Cemistry pasukan,” tegasnya.
Arif juga menambahkan, ada empat juri dari Kodiklat TNI Bandung. Setiap juri menilai masing – masing kopetensi, mulai dari PBB, Variasi, Formasi dan Komandan Pleton.
Terpisah, Kepala SMKNegeri 1 Buduran, Dra Agustina MPd, merasa bangga atas prestasi yang diraih siswanya. Karena pretasi itu berguna bagi siswa itu sendiri, juga bisa membawa nama baik sekolah maupun Kabupaten Sidoarjo.
“Yang lebih penting lagi kita harus siap mempertahan kejuaraan ini. Karena Paskibra itu sendiri juga menjadi andalan di sekolah kami. Makannya, saya juga berharap dengan prestasi yang luar biasa ini juga bisa memotivasi ekstrakurikuler lainnya untuk meraih prestasi yang lebih tinggi,” harap Agustina, Senin (20/1) kemarin. [ach]

Tags: