Paslon Sanusi-Didik Ditetapkan KPU Pemenang Pilkada Kabupaten Malang 2020

Ketua KPU Kab Malang Anis Suhartini (kiri) bersama Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang Terpilih 2020, HM Sanusi (tengah) dan Didik Gatot Subroto (kanan), saat menunjukkan surat penetapan Paslon Bupati Malang, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Malang. [cahyono/Bhirawa]

Kab Malang, Bhirawa
Pasangan Calon (Paslon) Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang Nomor Urut 1 HM Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi), pada Kamis (21/1) pagi, telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020. Sedangkan penetapannya pasangan pemenang itu, digelar KPU dalam Rapat Pleno, di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen, kabupaten setempat.

Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini, Kamis (21/1), usai menggelar Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang, Periode 2021-2024, di Gedung DPRD Kabupaten Malang mengatakan, penetapan Paslon Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang yakni HM Sanusi-Didik Gatot Subroto terpilih, yang mana Pilkada 2020 digelar secara serentak di seluruh Indonesia, pada 9 Desember 2020.              “Dari hasil Pilkada tersebut, maka Paslon Bupati Malang HM Sanusi-Didik Gatot Subroto telah memenangkan Pilkada Kabupaten Malang 2020, yang mana dalam Pilkada itu diikuti tiga paslon,” terangnya.  

Ditegaskan, KPU Kabupaten Malang menentapkan Paslon SanDi, hal ini

berdasarkan surat dari Panitera Mahkamah Konstitusi 165/PAN.MK/01/2021 Tahun 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi, dan diteruskan ke KPU Kabupaten Malang. Sedangkan surat dari Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut telah menerangkan tidak ada pengajuan gugatan dari dua Paslon Bupati Malang, yakni Paslon Nomor Urut 2 Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) dan Paslon Nomor Urut 3 Heri Cahyono-Gunadi Handoko (Malang Jejeg).

“Dengan berdasarkan surat dari Panitera MK itu, maka KPU Kabupaten Malang baru bisa menggelar Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang, pada tanggal 21 Januari 2021,’ ujar Anis.

Sedangkan, kata dia, penetapan paslon terpilih tersebut, hal itu merupakan tahapan Pilkada 2020, yang telah usai dilakukan rekapitulasi suara ditingkat Kabupaten Malang, pada bulan Desember 2020 lalu. Selain pihaknya menetapkan paslon, tentunya juga berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), dan saat Rapat Pleno juga kita bacakan berita acara penetapan yang mana Paslon Bupati Malang dan Wakil Bupati Malang HM Sanusi-Didik Gatot Subroto terpilih  meraih suara 530.449 suara atau 45,51 persen dari total suara sah pada Pilkada Kabupaten Malang 2020.  

“Keputusan Penetapan Paslon Bupati Malang terpilih ini berlaku sejak tanggal ditetapkan 21 Januari 2021. Sehingga untuk selanjutnya, pihaknya menunggu jadwal pelantikan Bupati Malang terpilih dari KPU Pusat,” tandas Anis. [cyn]

KPU Kabupaten Malang Tetapkan Paslon Sanusi-Didik Pemenang Pilkada 2020

Tags: