Pastikan Anggota KPUD Tak Bisa Diajak ‘Kongkalikong’

OKota Batu, Bhirawa
Sebanyak enam psikolog dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM) mewawancarai 42 calon anggota KPUD Kota Batu. Hal ini berkaitan dengan psikotest yang digelar Tim Seleksi anggota KPUD di Hotel Shingasari, Selasa (6/5). Para psikolog ini akan memastikan bahwa anggota KPUD periode mendatang adalah sosok yang memiliki¬† integritas tinggi dan tidak bisa diajak melakukan persekutuan jahat atau ‘kongkalikong’.
“Dalam psikotest ini, kita (tim penguji-red) bisa mengetahui calon-calon yang memiliki integritas tinggi, jiwa kepemimpinan yang mumpuni terutama saat menghadapi kasus di lapangan,” ujar kordinator tim penguji LP3 Um, Heni Indreswari, ditemui setelah pelaksanaan psikotest berakhir.
Calon berintegritas tinggi, kata Heni, merupakan calon yang memiliki sikap dan komitmen yang kuat. Calon seperti ini sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin mapun pejabat pelayanan publik. Karena, sosok seperti ini sangat sulit untuk diajak melakukan persekutuan jahat atau ‘kongkalikong’ oleh oknum tertentu.
Diketahui, dalam menjabat sebagai anggota KPU, seseorang akan berinteraksi dengan kelompok maupun personal ytang memiliki kepentingan. Tak menutup kemungkinan pula jika komisioner KPU akan mendapatkan tawaran kerjasama untuk memuluskan tujuan kelompok tertentu. Padahal kerja sama yang ditawarkan itu sudah dipastikan bertentangan dengan hukum.
Dengan psikotest yang dilakukan kemarin, para penguji diharapkan bisa membersihkan proses seleksi ini dari para calon berintegritas buruk. Apalagi dengan wawancara yang dilakukan, diketahui adanya calon yang ‘tidak pantas’ menduduki kursi komisioner KPU. Mereka dianggap tidak akan kuat melawan ‘serangan’ tawaran kongkalikong dengan oknum.
“Namun kita tidak bisa menjelaskannya di sini. Kami akan bersikap professional dan hanya memberikan hasil tes ini kepada tim seleksi KPUD Batu. Kemungkinan hasil dari psikotest ini akan kita serahkan kepada tim seleksi pada tanggal 9 Mei mendatang,” tambah Heni.
Diketahui dalam psikotest kemarin, para calon harus mengikuti tiga tahapan. Yaitu, tes tulis, diskusi kelompok, dan wawancara. Hari ini (7/5), para calon komisioner ini akan mengikuti tes kesehatan yang akan dilakukan di Laboratorium Sentral di Rumah sakit dr.Saiful Anwar (RSSA) Malang.
Dari 42 calon yang mengikuti rangkaian tes ini, nantinya akan diambil 15-20 peserta saja untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Walapun tim penguji LP3 UM tidak ikut dalam pencoretan calon yang dianggap tidak layak, namun hasil psikotes yang diberikan akan menjadi pertimbangan bagi tim seleksi KPUD Batu. [nas]

Keterangan Foto : Tim penguji dari LP3 UM saat melakukan rapat kordinasi membahas hasil psikotest calon anggota KPUD Batu yang digelar di Hotel Shingasari, Selasa (6/5)

Tags: