Pastikan Bebas Narkoba, Polres Situbondo Gelar Tes Urine Sopir Bus dan MPU

Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto bersama jajaran Satlantas meninjau pelaksanaan tes urin yang diikuti sopir di terminal Situbondo, Minggu (14/4). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Polres Situbondo melakukan test urine kepada para sopir angkutan umum yang beroperasi sebagai angkutan lebaran 2024. Pemeriksanaan dilakukan di terminal Situbondo pada Minggu (14/4).

Selain tes urine bagi sopir, Polres Situbondo bekerjasama dengan Dishub Kabupaten Situbondo melakukan ramp check untuk mengetahui kesiapan kondisi armada bus selama masa angkutan lebaran untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Hadir mendampingi Kapolres Situbondo, Kasatlantas AKP Yudho, Kanit Regident Satlantas Iptu Saiful Ilmi, Kanit Gakkum Satlantas Ipda H. Rahman Fadli dan Kasi Dokkes Bripka Heni Puji Astri serta petugas Dishub UPTD Terminal Situbondo dan jajaran Sapol PP Kabupaten Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, yang hadir mengawasi kegiatan tes urine dan ramp check mengatakan, saat ini memasuki fase arus wisata dan arus balik mudik lebaran yang menyebabkan jumlah kendaraan yang melintas di pantura Situbondo mulai terjadi peningkatan termasuk transportasi umum seperti bus.

“Tujuan tes urine dan ramp check di terminal perlu dilakukan supaya kondisi armada serta sopir dalam keadaan prima selama libur lebaran dan arus balik mudik lebaran 2024 untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” ungkap Kapolres Dwi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengimbau para penumpang yang akan kembali dari mudik untuk memperhatikan keamanan barang bawaan serta memastikan penempatan tas atau barang ditempat yang mudah terlihat serta tidak menggunakan barang berharga berlebihan seperti perhiasan.

“Bagi penumpang bus yang akan kembali mudik, agar diperhatikan keamanan barang bawaan. Apabila ada hal yang mencurigakan atau sopir ugal-ugalan bisa melaporkan ke call center 110,” pesan Kapolres Dwi.

Selain itu, Kapolres Dwi memberikan bingkisan kepada para sopir bus dan angkutan umum sekaligus berpesan apabila lelah dalam perjalanan jangan dipaksakan karena bisa membahayakan keselamatan para penumpang.

“Apabila capek dan tidak ada sopir cadangan lebih baik berhenti di rest area untuk beristirahat, komunikasikan dengan para penumpang agar bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Utamakan keselamatan bukan kecepatan,” pungkas Kapolres Dwi.

Dari hasil pemeriksaan terhadap puluhan sopir, baik sopir bus dan angkutan umum di terminal Situbondo tidak ditemukan pengguna narkoba. Para sopir juga diberi vitamin dan bingkisan oleh Kapolres Dwi agar kondisi tetap prima dalam memberikan pelayanan kepada penumpang saat arus balik mudik lebaran berlangsung. (awi.gat)

Tags: