Pastikan Pembangunan MAN IC Tahap Empat Selesai Tahun 2020

Kawasan MAN IC di Grati, Kabupaten Pasuruan yang pembangunannya terus berjalan walaupun ada pendemi Covid-19. [hilmi husain]

Pasuruan, Bhirawa
Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan memastikan pembangunan fisik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Kabupaten Pasuruan tahap keempat selesai akhir tahun 2020 ini.
Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan, M Asadul Anam menyampaikan, tahun ini ada tiga gedung yang dibangun yakni gedung kelas 2 lantai, perumahan untuk guru dan gedung asrama.
“Sejumlah persiapan pembangunan fisik sudah dilakukan. Ada kelonggaran dari Kementerian Keuangan, untuk proyek yang bersumber dana dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Dan itu bisa diperpanjang sampai tahun depan dengan kriteria khusus,” papar M Asadul Anam, Selasa (8/9).
Anggaran MAN IC Pasuruan tahun 2020 ini masih tetap Rp15,4 miliar dan tidak ada pemangkasan anggaran. Dari anggaran itu, rencananya ada tiga gedung yang dibangun yaitu gedung kelas II lantai, perumahan untuk guru dan gedung asrama.
Anam menjelaskan, MAN IC Pasuruan sendiri pembangunannya sudah berjalan multiyears. Dari pertama tahun 2017 anggaran Rp3,5 miliar untuk gedung kelas. Tahun 2018 lalu sebesar Rp4 miliar untuk Gedung Asrama. Tahun 2019 lalu dianggarkan dari SBSN sehingga cukup tinggi mencapai Rp18,2 miliar untuk membangun Gedung Student Center dan Pusat Layanan Terpadu. Dan tahun ini kembali dilanjutkan dengan anggaran Rp15,4 miliar.
Saat pandemi Covid-19, pemerintah pusat menyiapkan kelonggaran. Kemenag Kabupaten Pasuruan juga tetap memberlakukan protokol kesehatan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan
“Apabila ada pekerja yang positif Covid 19, pengerjaannya sementara harus dihentikan. Sehingga kondisi itu bisa membuat pengerjaan menjadi lebih lama. Tapi terget kami adalah pengerjaan bisa tepat waktu dan bisa selesai Desember akhir tahun nanti,” kata Anam. [hil]

Tags: