Pastikan Pemkot Batu Tak Tebang Pilih Tertibkan APK di Masa Tenang Pemilu

Pj Wali Kota Batu, saat mengikuti Rakor Persiapan Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu di Kantor Bawaslu Kota Batu, Jumat (9/2/2024)

Kota Batu, Bhirawa
Penjabat (Pj) Aries Agung Paewai memastikan bahwa netralitas ASN Pemerintah Kota Batu tidak boleh terlibat sama sekali dalam politik praktis. Hal ini ia tegaskan saat mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Patroli Pengawasan Pada Masa Tenang Pemilu 2024.

Rakor yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Batu, Jumat (9/2), Aries menyampaikan bahwa Pemkot Batu tidak akan tebang pilih dalam menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di Masa Tenang Pemilu.

“Terima kasih juga kepada parpol yang telah membantu dalam pembersihan APK yang terpasang di kanan- kiri jalan. Kita akan tertibkan seluruh APK dan tidak tebang pilih agar Kota Wisata Batu kembali bersih dan indah di masa tenang Pemilu 2024,” tegas Aries AP, Jumat (9/2/2024).

Diketahui, rakor pengawasan ini selain diiikuti Pj Wali Kota Batu dan para komisioner Bawalu Kota Batu sebagai tuan rumah, juga dihadiri Ketua KPU, Polres Batu, dan Partai Politik peserta Pemilu 2024 di Kota Batu.

Dan dalam forum rakor telah disepakati bersama bahwa Pemerintah Kota Batu, TNI, POLRI, Bawaslu, KPU dan parpol untuk mewujudkan momentum Pemilu Serentak 2024 di kota Batu bisa berjalan lancer, sukses, dan aman.

“Tugas seluruh elemen masyarakat agar ikut peduli menjaga Masa Tenang Pemilu 2024 agar benar- benar bisa berjalan tenang dan tertib, dan bukan hanya tugas pemerintah, TNI dan POLRI,” kata Aries.

Dan memastikan Pemilu 2024 berjalan kondusif, Bawaslu Kota Batu Bersama Forkopimda telah melaksanakan Apel Siaga Pengawas Pemilu Tahun 2024 se-Kota Batu. Apel Siaga Pengawas Pemilu ini memastikan kesiapan dan kewaspadaan seluruh pengawas Pemilu dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto SPd mengatakan bahwa dalam apel tersebut melibatkan pihak Pemerintah Daerah. Hal ini untuk menjamin terjalinnya kerja sama antara Bawaslu dengan Pemda, aparat Kepolisian, dan TNI dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pesta Demokrasi.

“Kepada pemerintahan Kota Batu dan Polres Batu, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan kepada Bawaslu kota Batu. Dukungan ini kami maknai sebagai wujud sinergi antara kami dan ini juga sebagai wujud pelaksanaan dari tugas pokok dan fungsi kita masing-masing,” ujar Supriyanto.

Iapun berharap hingga berakhirnya Pemilu tahun 2024, semua tetap memiliki kepentingan yang sama yaitu, menjaga Kota Batu agar tetap aman dan damai. Kepada seluruh jajaran Panwaslu kota Batu jangan berhenti untuk melakukan konsolidasi di internal dan bangun komunikasi ke pihak luar dengan baik.

Dan yang tak kalah penting, Panwaslu jangan takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas karena tugas yang dilaksanakan adalah perintah undang-undang, dan bukan berdasarkan yang lain. [nas.dre]

Tags: