Patung Gubernur Suryo Surabaya Dipercantik

3-Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya bidang dekorasi  dengan mengecat rutin Monumen Gubernur Suryo didepan gedung Negara Grahadi, Senin (812).trie dianabhirawaPemkot Surabaya, Bhirawa.
Pada musim hujan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya tidak hanya fokus dengan sanitasi dan perampingan pohon. Namun pihaknya juga memperbaiki beberapa patung yang menjadi monumen kota Pahlawan.
Salah satu patung yang dipugar ialah patung Pahlawan Gubermur Suryo yang berada di depan Gedung Grahadi Surabaya. Pantauan Bhirawa, ada enam orang dari DKP yang melakukan perawatan patung Gubernur Suryo. Terlihat pekerja mengecat ulang serta menambal patung pada bagian-bagian yang sudah berlubang dan retak-retak.
Muhajir salah satu petugas DKP yang memperbaiki patung tersebut mengatakan perbaikan patung setinggi tiga meter ini meliputi pengecatan ulang hingga mengecek beberapa bagian patung. Hal ini dilakukan sebab pada pergantian musim seperti kali ini banyak patung yang terkena jamur atau bahkan ada beberapa bagian patung yang sudah mulai retak keropos.
” Jika ada yang rusak atau retak-retak sehingga menyebabkan lubang pada patung, kami akan langsung perbaiki, ” terangnya pada Bhirawa, Senin (8/12) disela-sela perawatan patung Gubernur Suryo.
Dia mengatakan untuk proses pengecatan pihaknya menggunakan cat yang berkualitas tinggi yang tahan terhadap panas maupun  hujan. Biasanya cat tersebut mampu bertahan maksimal satu tahun sebelum ia mengelupas atau mulai memudar.
” Kalau untuk patung yang yang retak, sebelum dicat, patung terlebih dahulu di semen untuk menambal bagian yang retak,” paparnya.
Untuk memudahkan perawatan, Muhajir bersama beberapa teman lain terlebih dahulu mendirikan tiang-tiang penyangga di sekeliling patung tersebut. Selain memudahkan, tiang tersebut juga digunakan untuk menghindari agar petugas tidak menginjak atau berpegangan langsung kepada patung.
” Kalau dipanjat langsung, kami khawatirkan akan rusak,” katanya.
Sementara itu, Kabid Pertamanan M. Aswan mengatakan pengecekan tersebut dilakukan secara rutin hampir setiap bulan. Tidak hanya Patung Gubernur Suryo saja melainkan ikon Kota Pahlawan lain seperti Patung Suro dan Boyo baik yang berada di jalan Diponegoro atau yang berada di Kapal Selam jalan Kusuma Bangsa serta beberapa patung lain.
Dia juga mengatakan DKP sudah memiliki tim khsusus untuk megecek semua monumen yang ada di Surabaya. Tim khusus inilah yang selalu berkeliling serta memantau keberedaan monumen ini. jika ada yang rusak maka akan lansung dilaporkan dan segera di perbaiki.
” Hal ini untuk menjaga agar ikon yang menjadi kebanggaan warga kota tetap terjaga dengan baik,” katanya Aswan. (geh)

Keterangan Foto : Petugas-Dinas-Kebersihan-dan-Pertamanan-DKP-Surabaya-bidang-dekorasi-dengan-mengecat-rutin-Monumen-Gubernur-Suryo-didepan-gedung-Negara-Grahadi-Senin-812. [trie-diana/bhirawa].

Tags: