PC GP Ansor Bondowoso Ambil Langkah Serius Dukung Ijen Geopark

Ketua PC GP Ansor Bondowoso, Kapriyanto saat melakukan rapat koordinasi bersama beberapa Ketua PAC dalam dukung pemerintah untuk Ijen Geopark. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Bondowoso mengambil langkah serius dalam mendukung Pemerintah Kabupaten untuk Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark.

Hal ini terbukti, dimana beberapa Pengurus GP Ansor Bondowoso setelah mengikuti FGD di Disparpora setempat beberapa waktu lalu terkait Ijen Geopark. Pihaknya langsung melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) bersama 14 Ketua PAC GP Ansor yang masuk pada zona strategis Ijen Geopark.

“Tentunya kami sangat, mendukung dan kami merespon baik dengan adanya Ijen Geopark. Dari itu kami lakukan rakor pada sahabat-sahabat untuk kemudian turut mensosialisasikan pada masyarakat,” kata Ketua PC GP Ansor Bondowoso, Kapriyanto, Jumat (21/1).

Adapun 14 Pengurus Anak Cabang tersebut, diantaranya, di wilayah Sumber Wringin, Ijen, Sukosari, Tapen, Klabang, Prajekan, Botolinggo, Cerme, Tenggarang, Pujer, Wonosari, Jambesari Darus Sholah dan Tlogosari.

Kapriyanto menjelaskan, bahwa rakor tersebut dilakukan untuk menyamakan frequensi antara PC GP Ansor Bondowoso dengan PAC GP Ansor serta pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“Yang wilayah kerjanya berada di Disparpora serta beberapa dinas lainnya. Diantaranya DPMD, Diskoperindag, Dinas Pendidikan dan yang lain,”jelasnya.

Menurutnya, GP Ansor secara kelembagaan yang berada di garda terdepan sebagai kaderisasi paling akhir di tubuh NU. Maka dari peran tersebut sangat penting untuk kelembagaan NU.

“Maka sewajibnya kita selalu jemput bola dalam setiap peran strategis,”urainya.

Kapriyanto menegaskan, bahwa dalam rakor tersebut pihaknya mengoptimalkan pemetaan PAC di Kecamatan sebagai aktualisasi peran pemuda guna mendukung produktivitas masyarakat terhadap Ijen Geopark.

“Sebagai aktualisasi peran pemuda untuk mendukung produktifitas masyarakat terhadap ijen Geopark. Di antaranya sosialisasi dan pembentukan cafe corner, tour gaet, wisata edukasi, serta ojek wisata. Dan hebatnya ide-ide itu bermunculan ditiap PAC” terangnya.

Lanjut Kapri, karena dengan adanya kesamaan memiliki potensi dalam pengembangan geopark di Kecamatan Klabang. Maka pihaknya akan mengoptimalkan Singo Ulung serta produk oleh-oleh dan sovenir bersama PAC Tapen.

“Begitu pula PAC Sukosari dan Sumber Wringin akan fokus pada rest area dan beberapa spot wisata dan kopi,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Ketua GP Ansor Bondowoso ini pun berpesan pada ke 14 Ketua PAC itu untuk terus mengedukasi pada warga akan Ijen Geopark.

“Dalam mengedukasi kepada masyarakat selalu ditingkatkn sampai ke tingkat ranting atau desa. Harapannya kolaborasi di semua elemen berjalan senada dengan frequensi yang sama,”pungkasnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Ketua PC GP Ansor Bondowoso, Kapriyanto bersama Wakil Ketua Kordinator Kaderisasi, Abdul Azis Imron, dan Kordinator Ansor Geopark, Abu Sofyan pada ke 14 Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor. [san]

Tags: