PDAM dan Dispendukcapil Gresik Paling Banyak Mendapat Pengaduan

Sutrisno, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Dua instansi di Pemkab Gresik, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik paling banyak mendapat pengaduan dari masyarakat. Ini beralasan karena dua instansi itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Berdasakan data yang didapat dari Kontak Layanan Pengaduan dan Infornasi Publik pada Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, sepanjang tahun 2019 Januari hingga Agustus, terdapat 347 pengaduan yang telah masuk. Jumlah ini tidak jauh beda pada 2018 lalu. Tahun itu jumlah pengaduan sebanyak 364 pengaduan.
Tahun 2019 ini bisa jadi jumlah pengaduan nanti akan lebih banyak. Sebab, waktu masih tinggal empat bulan lagi. Sementara jumlah pengaduan sudah masuk mencapai 347 pengaduan. Dari jumlah itu, terbanyak pengaduan terjadi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebanyak 126 pengaduan serta PDAM Giri Tirta sebanyak 38 pengaduan.
Untuk pengaduan pada PDAM Giri Tirta terbanyak terkait soal pelayanan air bersih yang tidak lancar dan keruh. Sementara, pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil soal E KTP, Kartu Keluarga (KK), perubahan akte dan lainnya.
Sementara, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno menjelaskan, semua pengaduan itu sudah mendapat penanganan dari masing – masing instansi terkait. Sebab, setiap kali ada pengaduan masuk, langsung diperintah untuk segera direspon.
”Kita tidak bisa membiarkan pengaduan. Setiap ada pengaduan masuk, kita minta untuk segera direspon,” tutur Sutrisno, Rabu (28/8).
Bahkan, lanjut Sutrisno, dalam penanganan pengaduan itu dilakukan skoring. Untuk penanganan pengaduan kurang dari 1 kali 24 jam skornya 10,24 jam sampai tiga hari skornya delapan, untuk tiga sampai tujuh hari skornya enam, lebih dari tujuh hari skornya empat jika tidak melakukan sama sekali skornya kosong.
Dikatakan Sutrisno, jika dibanding dengan tahun 2018 lalu, memang jumlah pengaduan 2019 sekarang memang tidak jauh beda jumlahnya. ”Namun, dari sisi penanganan, tahun ini lebih bagus dan lebih cepat,” katanya. [eri]

Tags: