PDAM Kembangkan Layanan Pengaduan Via Android

PDAM Kota Batu telah menyediakan SDM khusus yang akan merespon dan menanggapi keluhan dari para pelanggannya

PDAM Kota Batu telah menyediakan SDM khusus yang akan merespon dan menanggapi keluhan dari para pelanggannya

Batu,Bhirawa
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Batu mulai memanfaatkan teknologi berbasis internet dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggannya dengan  meluncurkan layanan SMS Center pengaduan dan informasi. Dan layanan pengaduan dan informasi ini bisa diakses melalui aplikasi android.
“Cukup dengan download aplikasi melalui playstore, pengguna android sewaktu-waktu bisa mengakses layanan ini. Selain murah dan cepat, para pelanggan dan masyarakat umum bisa menggunakan layanan ini,”ujar Plt Direktur PDAM Kota Batu, Zainul Arifin, Rabu (11/2).
Menurutnya, dari waktu ke waktu perusahaan yang dipimpinnya akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggannya. Salah satu cara yang dilakukannya adalah menggunakan teknologi informasi baik untuk mempermudah kinerja di internal perusahaan atau pun memberikan pelayanan kepada pelanggan.
PDAM dituntut untuk mendekatkan diri kepada masyarakat melalui teknologi informasi. Karena itulah PDAM membuat aplikasi khusus untuk dimanfaatkan oleh para pelanggan dengan sistem pelayanan yang aman, murah dan mudah diakses.
”Pelayanan PDAM seperti dalam genggaman, mau complain layanan atau untuk mendapatkan informasi atau memberikan informasi cukup menekan tuts handphone yang ada di tangan,” ujar Jinung, panggilan Zainul Arifin.
Untuk layanan sms center, masyarakat tinggal sms ke nomor handphone 081321333111.  Jinung mencontohkan untuk mengetahui jumlah tagihan setiap bulan, pelanggan tinggal mengetik format tagihan#pdam#No ID#bulan#tahun, kemudian dikirim ke nomor center. Tidak berselang lama, sms ini akan dibalas oleh SMS center, sehingga pelanggan ketika berangkat ke loket pembayaran PDAM sudah mengetahui persis berapa uang yang dibutuhkan.
Dalam layanan ini, pelanggan juga bisa mengirimkan sms pengaduan atau pun memberikan informasi pipa bocor atau ada distribusi air PDAM yang macet. SMS ini langsung masuk ke 4 Kepala Seksi di PDAM, yakni Kasi Distribusi, Kasi Transmisi, Kasi Meter dan Kasi Peralatan.
Secepatnya pengaduan ini langsung direspon dengan perbaikan, begitu selesai kasi yang bertanggungjawab melakukan perbaikan langsung memberikan sms balasan kepada pengirim pengaduan. “Komplain manual di kantor tetap dilakukan seperti biasa, tapi kita tingkatkan pelayanan dengan cukup mengirim ke sms center, layanannya 24 jam, selain itu tarip sms-nya pun hanya Rp 165,” jelas Jinung.
Sistem ini, katanya, memungkinkan bagi pelanggan android untuk mengakses letak sumber air di Kota Batu, peta lalu lintas hingga kebutuhan lainnya. Yang menarik, untuk menyediakan layanan ini, ternyata PDAM Kota Batu tidak melibatkan pihak ketiga dan tidak merogo kocek yang terlalu besar. “Pegawai kita sudah sangat mampu untuk membuat dan mengembangkan sistem ini,”pungkasnya. [nas]

Tags: