PDAM Tirta Baluran Situbondo Sediakan Diskon 50 Persen Pelanggan Baru

Petugas sambungan PDAM Tirta Baluran Situbondo saat memasang saluran air milik pelanggan baru. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Mulai saat ini hingga bulan Maret 2021 mendatang, PDAM Tirta Baluran Situbondo menyediakan diskon sebesar 50 persen bagi masyarakat yang hendak memasang sambungan air baru. Program ini bisa diakses pelanggan melalui aplikasi Pao Arum atau mendaftarkan secara langsung ke Kantor PDAM Situbondo, yang beralamat di Jalan Raya PB Sudirman, Lingkungan Karangasem, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kota Situbondo.

Menurut Direktur PDAM Tirta Baluran Situbondo, Asy’ari, sebelum ada program diskon untuk memasang saluran air baru tarif dipatok Rp 1,5 juta dengan ditambah biaya pendaftaran sebesar Rp 25 ribu. Nah saat ini, aku mantan Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Baluran Situbondo itu, warga hanya membayar separoh yakni Rp 750 ribu. “Ini kesempatan yang baik bagi calon pelanggan baru PDAM Situbondo. Karena cukup membayar separoh sudah mendapatkan sambungan baru,” jelas Asy’ari.

Masih kata Asy’ari, penyediaan diskon sebesar 50 persen berlaku bagi semua elemen masyarakat Kabupaten Situbondo, baik warga yang mampu atau tidak mampu serta bagi warga yang ada di kawasan perumahan atau non perumahan. Yang membanggakan lagi, aku mantan karyawan Unit PDAM Panarukan itu, dalam program ini calon pemasang baru dibebaskan dari biaya pendaftaran sebesar Rp 25 ribu. “Kami sangat optimis program ini akan mendapatkan respon positif dari masyarakat Kabupaten Situbondo,” ungkap Asyari.

Pria yang suskes menduduki pucuk pimpinan PDAM dari staf biasa itu menambahkan, saat ini kualitas air PDAM mendapatkan jaminan kebersihan karena sudah lulus uji coba laboratorium. Untuk itu, terang Asy’ari, masyarakat tidak perlu ragu atau kawatir saat menggunakan air bersih produk PDAM Tirta Baluran Situbondo. “Kami sangat bersyukur sekaligus mengapresiasi karena jumlah pelanggan baru yang berminat sudah ada 30 orang yang mendaftarkan diri. Kami kian optimis kedepan jumlah pelanggan baru akan terus bertambah,” ulas Asy’ari.

Apalagi, lanjut Asy’ari, kini PDAM Tirta Baluran Situbondo sudah resmi mengggunakan aplikasi online baru bernama Pao Arum (Pelayanan Aplikasi Online Air Minum). Dengan adanya aplikasi Pao Arum ini, tandas Asy’ari, setiap pelanggan cukup mudah untuk mendaftar sambungan baru. Caranya, aku Asy’ari, masyarakat cukup membuka playstore yang sudah ada disetiap HP Androit. “Setelah mendownloud aplikasi Pao Arum, pelanggan diminta untuk membuka dan langsung masuk ke program tanpa melakukan registrasi,” ungkap Asy’ari.

Asya’ari menerangkan, aplikasi Pao Arum tersedia bagi semua kebutuhan informasi tentang PDAM Situbondo. Misalnya saja, bebernya, pelanggan yang ingin tahu jumlah rekening air sudah tercantum di sana. Bahkan tarif pelanggan yang sudah dibayar di bulan sebelumnya juga bisa di lihat dengan jelas.

Masih kata Asy’ari, dengan aplikasi Pao Arum, setiap pelanggan juga bisa mengetahui tentang penggunaan air minum di rumah masing masing. “Setiap pelanggan diberi kemudahan untuk mengetahui info promo, info event serta info tentang adanya gangguan aliran air. Terakhir pelanggan juga bisa menyampaikan keluhan kepada petugas PDAM Situbondo. Nanti keluhan itu akan dilayani dengan cepat oleh petugas PDAM,” pungkas Asy’ari.[awi]

Tags: