Peduli Kebersihan, Samapta Polres Situbondo Bersihkan Sampah usai Demo

Sejumlah personil Satuan Samapta Polres Situbondo saat membersihkan sampah di depan gedung DPRD Situbondo usai aksi demo. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa.
Ada pemandangan unik dan berbeda setelah aksi demo mahasiswa di kantor DPRD Kabupaten Situbondo pada Selasa (5/12). Setelah aksi demo selesai, sejumlah personel Polri dari Satuan Samapta Polres Situbondo yang terlibat pengamanan tampak membersihkan sampah sisa aksi demo di depan Kantor DPRD Kabupaten Situbondo.

Petugas keamanan dari Polres Situbondo terlihat antusias dan tanpa canggung memungut satu persatu sampah yang ada di lokasi. Bahkan Kasat Samapta AKP Sudpendi, SH ikut membaur dengan anggota saat membersihkan sampah sisa aksi demo mahasiswa.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, menegaskan seluruh perjalanan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Situbondo yang dilakukan oleh mahasiswa dari Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Situbondo berlangsung lancar tanpa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

“Seluruhnya berjalan aman. Ini sudah sesuai dengan yang direncanakan,” ucap Kapolres Dwi.

Terkait aksi anggota Polres Situbondo yang membersihkan sampah, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengungkapkan, sektor kebersihan merupakan tanggung jawab semua masyarakat termasuk anggota Polri.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Kasat Samapta AKP Sudpendi beserta seluruh anggota pengamanan unras yang membersihkan sampah setelah aksi demo selesai. Hal itu sebagai rasa tanggung jawab ikut menjaga Situbondo tetap bersih,” ungkap Kapolres Dwi.

Sementara itu AKP Sudpendi menyampaikan aksi bersih sampah tersebut dilakukan secara spontan karena setelah selesai demo melihat tumpukan sampah berupa spanduk, kertas karton berisi tulisan, termasuk onggokan sampah plastik tampak berserakan di sekitar lokasi aksi.

“Ya itu aksi spontan kami saja. Saya bersama seluruh anggota Samapta Polres Situbondo membersihkan sampah-sampah di sekitar lokasi aksi demo,” pungkas Sudpendi. (awi.gat)

Tags: